Jaelani, Haris (2022) Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid-19 Di MAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20160701090054-SAMPUL.pdf Download (195kB) |
|
Text
hal persetujuan.pdf Download (117kB) |
|
Text
20160701090054-HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (293kB) |
|
Text
20160701090054-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text
20160701090054-DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
|
Text
20160701090054-BAB I.pdf Download (338kB) |
|
Text
20160701090054-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
|
Text
20160701090054-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
20160701090054-BAB IV.pdf Download (407kB) |
|
Text
20160701090054-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
20160701090054-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (298kB) |
|
Text
20160701090054-SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (302kB) |
|
Text
lembar keaslihan tulisan.pdf Download (204kB) |
Abstract
Kata kunci: Peran Guru Bimbingan Dan Konseling, Minat Belajar, Covid-19 Penelitian ini di latar belakangi oleh maraknya siswa atau peserta didik yang mengalami minat belajar rendah selama pandemi covid-19, terutama di saat berlangsungnya pembelajaran daring di suatu sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dan konseling di MAN 1 Pamekasan dalam meningkatkan minat belajar siswanya selama pandemic covid terjadi. Terdapat dua fokus dalam peneitian ini, (1) bagaimana kondisi minat belajar peserta didik di MAN 1 Pamekasan, (2) bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di tengah pandemi covid-19 di MAN 1 Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dimana teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, dokumentasi dan observasi, dokumentasi yang berupa foto dan data sekolah. Lokasi penelitian ini di lakukan di MAN 1 Pamekasan yang berada di Jalan Lawangan Daya, Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Dan sumber data yang di peroleh dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru bk, kepala sekolah, waka kesiswaan dan siswa. Adapun analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikut sertaan penelitian, ketekunan pengamatan, dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama selama pandemi covid-19 ada beberapa siswa yang mengalami minat belajar rendah, terutama selama berlangsungnya pembelajaran daring, hal terebut ditandai dengan perilaku siswa yang cenderung tidak memiliki minat belajar yaitu (1) selama pandemi covid-19 ada beberapa siswa yang sering tidak mengikuti pembelajaran daring yang sedang berlangsung, (2) siswa merasa bosan dan jenuh ketika pembelajaran daring sedang berlangsung, (3) sampai disaat pembelajaran luring berlangsung ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru di saat sedang menjelaskan. Kedua yaitu upaya yang di lakukan oleh guru bk adalah (1) melakukan pengamatan terlebih dahulu terhadap siswa yang di laporkan memiliki minat belajar rendah, (2) memberikan layanan konseling individu, (3) dan pemberian motivasi terhadap siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:48 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:48 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3103 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |