Kamilia, Fafan Susila (2022) Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Interaksi Sosial Siswa Di MTs Al-Mukhlishin Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Fafan Susila Kamilia_18381092034_Cover_BKPI.pdf Download (121kB) |
|
Text
Fafan Susila Kamilia_18381092034_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf Download (161kB) |
|
Text
Fafan Susila Kamilia_18381092034_Lembar_Pengesahan_BKPI.pdf Download (246kB) |
|
Text
Fafan Susila Kamilia_18381092034_Abstrak_BKPI.pdf Download (140kB) |
|
Text
Fafan Susila Kamilia_18381092034_Daftar_Isi_BKPI.pdf Download (107kB) |
|
Text
Fafan Susila Kamilia_18381092034_BAB I_BKPI.pdf Download (251kB) |
|
Text
Fafan Susila Kamilia_18381092034_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
Fafan Susila Kamilia_18381092034_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
|
Text
Fafan Susila Kamilia_18381092034_BAB IV_BKPI.pdf Download (274kB) |
|
Text
Fafan Susila Kamilia_18381092034_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
Fafan Susila Kamilia_18381092034_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf Download (165kB) |
|
Text
Fafan Susila Kamilia_18381092034_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_BKPI.pdf Download (238kB) |
Abstract
Kata Kunci: Bullying, interaksi sosial, siswa MTs Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perilaku bullying terhadaap interaksi sosial siswa. Dimana perilaku bullying merupakan salah satu masalah sosial yang banyak terjadi di kalangan sekolah sedangkan interaksi sosial siswa merupakan sebuah proses untuk siswa berbaur dan menjalani kehidupan sosial dengan temantemannya di sekolah. Dalam tindakan membuli ini siswa melakukan tindakan ini kepada siswa lain yang di anggap lemah seperti memiliki keterbelakangan psikis, kurang pandai membaca dan korban juga tidak berani melawan atau melapor sehingga dijadikan objek atau sasaran dari tindakan membuli. Akibatnya, perilaku membuli ini dapat membuat siswa yang dibuli merasa tidak diterima dalam lingkungan pertemanannya disekolah. Sehingga bisa dikatakan bahwa perilaku bullying mempengaruhi interaksi sosial siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis korelasi dengan teknik analisis data statistik non parametrik. Pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa skala psikologis dan wawancara. Subjek yang diteliti sebanyak 23 siswa yakni semua siswa di MTs Al-Mukhlishin. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian non parametrik karena subjek yang diteliti sebanyak 23 siswa dan termasuk kedalam data ordinal. Dalam proses analisis data disini menggunakan bantuan aplikasi software SPSS versi 25. Hasil penelitian uji korelasi menggunakan rank spearman’s rho dan didapat nilai p hitung sebesar 0,609 dan nilai sig 0,002 (sig < 0,05) sehingga dapat dikatakan bahwa p hitung lebih besar dari p tabel (0,609 > 0,428) dan sig kurang dari 0,05 (0,002 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perilaku bullying terhadap interaksi sosial siswa yang signifikan dan mempunyai tingkat pengaruh yang kuat. Tindakan bullying ini memberikan pengaruh tidak baik terhadap interaksi sosial siswa baik pelaku buli maupun korban dimana interaksi sosial dari pelaku bullying akan terganggu karena hubungan pertemanan dengan temannya menjadi tidak baik seperti dijauhi dan ditakuti. Sedangkan untuk interaksi sosial dari korban akan terganggu juga karena dapat membuat korban menjauh dari lingkungan pertemanannya menjadi pendiam bahkan merasa tidak percaya diri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_110 ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:47 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3106 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |