Sulaiman, Sulaiman (2022) Kreativitas Guru Bimbingan dan Koseling Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa di MAN 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SULAIMAN_18381091108_COVER_BKPI.pdf Download (125kB) |
|
Text
SULAIMAN_18381091108_LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_BKPI.pdf Download (152kB) |
|
Text
SULAIMAN_18381091108_LEMBAR_PENGESAHAN_BKPI.pdf Download (685kB) |
|
Text
SULAIMAN_18381091108_ABSTRAK_BKPI.pdf Download (138kB) |
|
Text
SULAIMAN_18381091108_DAFTAR_ISI_BKPI.pdf Download (91kB) |
|
Text
SULAIMAN_18381091108_BAB I_BKPI.pdf Download (280kB) |
|
Text
SULAIMAN_18381091108_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
Text
SULAIMAN_18381091108_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
Text
SULAIMAN_18381091108_BAB IV_BKPI.pdf Download (611kB) |
|
Text
SULAIMAN_18381091108_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
SULAIMAN_18381091108_DAFTAR_PUSTAKA_BKPI.pdf Download (137kB) |
|
Text
SULAIMAN_18381091108_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi-BKPI.pdf Download (292kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kreativitas, Minat Belajar, Guru Bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilatarbelakangi sebagian siswa yang rendah minat belajarnya sehingga diperlukan kreativtias untuk memberikan pemahaman dari guru Bimbingan dan konseling melalui berbagai layanan, metode dan media dalam BK. Ada dua fokus penelitian yang menjadi acuan dalam kajian penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana gambaran minat belajar siswa di MAN 2 Pamekasan?, Kedua, bagaimana kreativitas guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan minat belajar siswa di MAN 2 Pamekasan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian dalam proses pengecekan keabsahan data hasil penelitian melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan dalam proses pengamatan, dan yang terakhir melalui triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, minat belajar siswa di MAN 2 Pamekasan ada dua macam ada yang tinggi dan ada yang rendah. Minat belajar yang tinggi memiliki ciri sebagai berikut keinginan siswa yang tinggi, perhatian terhadap pelajaran, ada rasa senang ketertarikan siswa dalam mata pelajaran selalu bertanya saat tidak mengerti. Minat belajar rendah, memiliki ciri kebalikan dari yang tinggi seperti kurangnya perhatian dalam mengikuti mata pelajaran, keinginan belajar rendah, tidak mengerjakan tau telat dalam mengumpulkan tugas, meanggar peraturan seperti membolos, dll. Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di MAN 2 Pamekasan yaitu kurangnya motivasi dalam diri siswa, sarana dan prasarana yang memadai dan faktor lingkungan seperti pandemi dan pembangunan gedung baru. Kedua, kreativitas guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan minat belajar siswa di MAN 2 Pamekasan layanan yang sering digunakan guru BK MAN 2 Pamekasan untuk mengembangkan minat belajar siswa yaitu layanan informasi, bimbingan klasikal, dan konseling individu, teknik/metode yang digunakan guru BK dalam pemberian layanan ialah menggunakan metode ceramah dan diskusi. Dan yang terakhir media yang digunakan, media visual, foto, proyektor, audio, papan bimingan, pamflet dan leaflet.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71H ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:32 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3128 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |