Mufarroha, Luluk (2022) Peran Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Karakter Di MAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Luluk Mufarroha_20160701040109_Cover_MPI.pdf Download (84kB) |
|
Text
Luluk Mufarroha_20160701040109_Halaman Persetujuan_MPI.pdf Download (112kB) |
|
Text
Luluk Mufarroha_20160701040109_Halaman Pengesahan_MPI.pdf Download (477kB) |
|
Text
Luluk Mufarroha_20160701040109_Abstrak_MPI.pdf Download (81kB) |
|
Text
Luluk Mufarroha_20160701040109_Daftar Isi_MPI.pdf Download (87kB) |
|
Text
Luluk Mufarroha_20160701040109_BAB I_MPI.pdf Download (179kB) |
|
Text
Luluk Mufarroha_20160701040109_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
Text
Luluk Mufarroha_20160701040109_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
Luluk Mufarroha_20160701040109_BAB IV_MPI.pdf Download (313kB) |
|
Text
Luluk Mufarroha_20160701040109_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
Text
Luluk Mufarroha_20160701040109_Daftar Pustaka_MPI.pdf Download (102kB) |
|
Text
Luluk Mufarroha_201060701040109_Keaslian Tulisan_MPI.pdf Download (502kB) |
Abstract
Kata Kunci: peran kepala madrasah, strategi pengembangan karakter siswa Penelitian ini dilatarbelakangi pada ketertarikan peneliti terhadap peran Kepala Madrasah dalam pengembangan karakter siswa di MAN 1 Pamekasan yang mana Kepala Madrasah memiliki peranan yang sangat penting dalam pengembangan karakter siswa. Melihat hal tersebut maka peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana penerapannya sehingga bisa berjalan dengan baik dan memberikan hal positif dalam perkembangan sekolah. Fokus penelitian yang akan di ambil oleh peneliti yaitu yang pertama, bagaimana peran Kepala Madrasah dalam pengembangan karakter siswa di MAN 1 Pamekasan. Kedua, bagaimana strategi Kepala Madrasah dalam pengembangan karakter siswa di MAN 1 Pamekasan. Ketiga, apa saja faktor penghambat dan pendukung peran Kepala Madrasah dalam pengembangan karakte siswa di MAN 1 Pamekasan. Sehingga dengan fokus penelitian disini peneliti berharap dapat menemukan jawaban atas penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya yaitu dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, pendidik dan, staf TU. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan dan triangulasi. Kesimpulan dan hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama peran Kepala Madrasah diantaranya sebagai leader, manajer, pendidik, motivator, pembuat keputusan, kontlorel dan evaluator. Kedua dalam strategi pengembangan karakter berupa S6 (salam, senyum, sapa, salim, sopan, dan santun), membaca doa dan membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai dan di akhiri dengan pembacaan doa dan pemberian pesan-pesan moral dari guru, juga menerapkan kedisiplinan, kebersihan, mengontrol kerapian, gotong royong, religius, dan pekerja keras. Ketiga faktor pendukung pengembangan karakter siswa yaitu kepala madrasah menyediakan sarana prasarana yang dibutuhkan, kerja sama antara sekolah dengan guru, wali murid, dan masyarakat. Faktor penghambatnya yaitu karakter siswa yang berbeda-beda, juga ada pada guru, wali murid, masyarakat, faktor ekenomi yang bisa menjadi faktor pendukung sekaligus penghambat dalam pengembangan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m71H ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:29 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3132 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |