Penerapan Metode Socrates Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan

Maulida, Nur Asri (2022) Penerapan Metode Socrates Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nur Asri Maulida_20170701012104_Cover_PAI.pdf.pdf

Download (83kB)
[img] Text
20170701012104_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text
20170701012104_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Nur Asri Maulida_20170701012104_ABSTRAK_PAI.pdf.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Nur Asri Maulida_20170701012104_DAFTAR ISI_PAI.pdf.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Nur Asri Maulida_20170701012104_BAB I_PAI.pdf.pdf

Download (558kB)
[img] Text
Nur Asri Maulida_20170701012104_BAB II_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img] Text
Nur Asri Maulida_20170701012104_BAB III_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
Nur Asri Maulida_20170701012104_BAB IV_PAI.pdf.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Nur Asri Maulida_20170701012104_BAB V_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
Nur Asri Maulida_20170701012104_Daftar_Pustaka_PAI.pdf.pdf

Download (264kB)
[img] Text
20170701012104_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (172kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Socrates, Mata Pelajaran Aqidah akhlak Metode Socrates adalah metode tanya jawab, meyode ini adalah metode pengajaran lama dengan cara guru mengajukan beberapa pertanyaan kemudian siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang sudah diajukan, dan guru menuntun eksplorasi siswa untuk menemukan jawaban. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana proses penerapan metode socrates pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan, Kedua, Apa saja faktor penghambat dalam penerapan metode socrates pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memaparkan data secara deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data ialah Kepala Sekolah, Guru aqidah akhlak, dan Siswa. Teknik analisis data ialah reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Sementara teknik pengecekan keabsahan datanya ialah ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, proses penerapan metode socrates pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan adalah guru menerapkan metode ceramah terlebih dahulu agar siswa ada pemahaman atau bekal untuk menjawab pertanyaan dengan tepat dan benar, guru memberikan beberapa pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya, guru menginstruksikan dan memberikan kesempatan agar siswa mendiskusikan jawabannya, kemudian guru memberikan klarifikasi dari setiap pertanyaan. Sehingga jika ada pertanyaan yang belum memenuhi tujuan atau ada pertanyaan yang salah dapat dibenarkan. Kedua, beberapa faktor penghambat dalam penerapan metode socrates pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X di MA miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan adalah Tingkat literasi atau pengetahuan peserta didik yang masih kurang, metode yang membosankan atau menjenuhkan, mental peserta didik yang masih lemah atau cenderung pemalu, sebagian peserta didik lebih bersikap pasif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_014 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:29
Last Modified: 17 Jul 2023 04:29
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3133

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item