Musyarrifin, Birrol (2022) Penanaman Paham Keagamaan Melalui Pelajaran Mapel Aswaja Di Mts Islamiyyah Kec Tlanakan Kab Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Birro Musyarrifin 20170701011030_SAMPUL PAI.pdf Download (105kB) |
|
Text
Birro Musyarrifin 20170701011030_PERSETUJUAN PEMBIMBING PAI.pdf Download (153kB) |
|
Text
Hal. Pengesahan.pdf Download (223kB) |
|
Text
Birrol Musyarrifin 20170701011030_ABSTRAK PAI.pdf Download (205kB) |
|
Text
Birro Musyarrifin 20170701011030_DAFTAR ISI PAI.pdf Download (93kB) |
|
Text
Birro Musyarrifin 20170701011030_BAB I PAI.pdf Download (177kB) |
|
Text
Birro Musyarrifin 20170701011030_BAB II PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
|
Text
Birrol Musyarrifin _20170701011030_BAB III PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
Birro Musyarrifin 20170701011030_BAB IV PAI.pdf Download (248kB) |
|
Text
Birro Musyarrifin 20170701011030_BAB V PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
Birro Musyarrifin 20170701011030_DAFTAR PUSTAKA PAI.pdf Download (211kB) |
|
Text
hal. Pernyataan keaslihan.pdf Download (221kB) |
Abstract
Kata Kunci: Paham Keagamaan, ASW AJA Dalam menanamkan paham keagamaan aswaja, guru mempunyai peran penting dalam hal ini, mengapa demikian karena guru mempunyai peran membina, membimbing peserta didiknya, maka dengan peran ini guru bisa menanamkan paham keagaaman ini, adapun tujuan menanamkan paham keagamaan ini yakni supaya peserta didik menjadi manusia yang memahami ajaran islam dan juga agar menjadi manusia yang berakhlakul karimah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana Peran dalam Menanamkan Paham Keagamaan melalui pelajaran mapel ASW AJA di MTs Islamiyah Kec Tlanakan Kab Pamekasan kedua Bagaimana Strategi Guru dalam Menanamkan Paham Keagamaan melalui mapel ASW AJA di MTs Islamiyah Kec Tlanakan Kab Pamekasan, ketiga Apa saja materi yang diberikan Guru dalam menanamkan paham keagamaan melalui mapel ASW AJA di Mts Islamiyyah Kec Tlanakan Kab Pamekasan Penelitian ini menggunakan pemdekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informasinya adalah guru akidah akhlak, peserta didik, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan dan keajegan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, pengecekan anggota. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama Peran Guru dalam menanamkan paham keagamaan melalui mapel ASW AJA di MTs Islamiyah Kec Tlanakan Kab Pamekasan yakni dalam menanamkan paham keagamaan melalui mapel ASW AJA agar nantinya peserta didik menjadi manusia yang berkahlakul karimah, dan selalu dekat dengan Allah, peran guru dalam menanamkan paham keagaaman ini guru menggunakan peran membimbing dan membina peserta didiknya. Kedua Strategi guru dalam melaksanakan peran menanamkan paham keagamaan melalui ASW AJA di MTs Islamiyah Kec Tlanakan Kab Pamekasan, stategi yang dilakukan oleh seorang yakni diantaranya strategi pembelajaran langsung, tidak langsung, interaktif, empirik, dan mandiri, dan ketika menanamkan paham keagamaan melalui ASW AJA pada peserta didik kadang menggunakan satu strategi atau lebih tergantung situasi dan kondisi dan jika sudah tidak bersemangat lagi yakni menggunakan ice breaking tekhik. Ketiga Hambatan Guru dalam melaksanakan peran menanamkan paham keagamaan melalui ASW AJA di Mts Islamiyyah Kec Tlanakan Kab Pamekasan, hambatan yang dialami guru diantaranya yakni siswa kadang siswa tidak mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru, berbicara
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_014 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:27 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3135 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |