Kerja Sama Kepala Sekolah Dengan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Tebul Timur 3 Pegantenan Pamekasan

Rahman, Abd. (2021) Kerja Sama Kepala Sekolah Dengan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Tebul Timur 3 Pegantenan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (528kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (220kB)
[img] Text
lembar keaslihan tulisan.pdf

Download (212kB)

Abstract

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Pengembangan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SDN Tebul Timur 3 Pegantenan Pamekasan dimana terdapat beberapa siswa yang mengalami tidak fokus atau memahami isi materi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan fenomena tersebut guru pendidikan agama Islam berinisiatif dengan menggunakan media untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam agar proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien. Ada dua fokus masalah dalam penelitian ini, pertama adalah bagaimana bentuk kerja sama kepala sekolah dengan guru PAI“SDN Tebul Timur 3 Pegantenan Pamekasan”, kedua adalah Bagaimana bentuk pengembangan mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,Bentuk kerja sama kepala sekolah dengan guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan mata pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Tebul Timur 3 Pegantenan Pamekasan ialah a). Guru terlebih dahulu menyusun pokok-pokok bahasan yang akan disampaikan kepada siswa b). Guru menyebutkan karakteristik yang berhubungan dengan rancangan belajar siswa terhadap materi pelajaran pendidikan agama Islam c). Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh setiap siswa d). Guru membuat kisi-kisi pelajaran terhadap materi pendidikan agama Islam kemudian disampaiakan kepada siswa e). Guru menguji kemampuan awal yang dimiliki oleh setiap siswa f). Guru menentukan bahan pelajaran yang dibutukan pada saat proses pembeajaran pendidikan agama Islam seperti buku-buku yang ada di sekolah g). Guru juga memfasilitasi hal-hal yang dibutuhkan oleh siswa h). Guru melakukan evaluasi hasil belajar. Kedua,Bentuk pengembangan materi pembelajaran pendidikan agama Islam ialah a). Bentuk pengembangan materi disini ialah guru menampilkan video gerakan gerakan solat agar siswa lebih semangat dan antusias atau aktif dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama Islam. adalah bahan ajar yang disampaikan tidak terpaku hanya kepada buku tulis saja melainkan bisa mengambil dari beberpa sumber referensi contohnya mengambil tambahan materi dari internet, audio visual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71H ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:25
Last Modified: 17 Jul 2023 04:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3138

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item