Pratiwi, Dika Intan (2022) Penerapan Metode Menghafal Menggunakan Mind Mapping Dalam Upaya Meningkatkan Daya Ingat Mata Pelajaran IPS di MTs Plus Nurul Ilmi Desa Durbuk. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Dika Intan Pratiwi_18381082016_Cover_TIPS.pdf Download (177kB) |
|
Text
Dika Intan Pratiwi_18381082016_Lembar_Persetujuan_TIPS.pdf Download (128kB) |
|
Text
Dika Intan Pratiwi_18381082016_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf Download (153kB) |
|
Text
Dika Intan Pratiwi_18381082016_Abstrak_TIPS.pdf Download (147kB) |
|
Text
Dika Intan Pratiwi_18381082016_Daftar Isi_TIPS.pdf Download (158kB) |
|
Text
Dika Intan Pratiwi_18381082016_BAB I_TIPS.pdf Download (393kB) |
|
Text
Dika Intan Pratiwi_18381082016_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
Text
Dika Intan Pratiwi_18381082016_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
|
Text
Dika Intan Pratiwi_18381082016_BAB IV_TIPS.pdf Download (506kB) |
|
Text
Dika Intan Pratiwi_18381082016_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
Dika Intan Pratiwi_18381082016_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (275kB) |
|
Text
Dika Intan Pratiwi_18381082016_Lembar_Keaslian Tulisan_TIPS.pdf Download (198kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Menghafal Menggunakan Mind Mapping, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi metode hafalan menggunakan mind mappingdalam upaya meningkatkan daya ingat pada mata pelajaran IPS di MTs Plus Nurul Ilmi Desa Durbuk Pademawu, 2) Untuk mengetahui seberapa efektif metode hafalan menggunakan mind mapping pada mata pelajaran IPS di MTs Plus Nurul Ilmi Desa Durbuk Pademawu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakn melalui penelitian, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII dengan jumlah 17 orang siswa MTS Plus Nurul Ilmi Desa Durbuk. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuntitatif yang terdiri dari: 1) reduksi data (data reduction), 2) Penyajian data (data display), 3) Penarikan kesimpulan/verifikasi data (conclousion drawing/verification). Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode menghafal menggunakan mind mapping meningkatkan hasil belajar dan daya ingat siswa dapa pembelajaran IPS. Temuan pada penelitian ini sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode menghafal menggunakan mind mapping sudah sesuai dengan sintak yang sudah ditetapkan yaitu siswa mendengarkan materi yang diberikan oleh peneliti, memahami inti materi, membuat mind mapping, setelah itu siswa diberikan tes. (2) Meningkatkan nilai rata-rata kelas sebelum diterapkannya metode menghafal yaitu nilai rata-rata 67 dengan tingkat ketuntasan belajar 29,4%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 73 dengan tingkat ketuntasan belajar yaitu 47,05%. Dan siklus II nilai rata-rata sebesar 87 dengan tingkat ketuntasan belajar 88,23%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_191 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:22 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3141 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |