Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengelola Dana Indirect Cost dan Social Cost Untuk Pengembangan Kompetensi Guru dan Siswadi MTs Negeri 3 Pamekasan

Hasanah, Fitriyatun (2020) Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengelola Dana Indirect Cost dan Social Cost Untuk Pengembangan Kompetensi Guru dan Siswadi MTs Negeri 3 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a) Fitriyatun Hasanah_20160701040071_Cover_MPI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
c) Fitriyatun Hasanah_20160701040071_Lembar_Persetujuan_MPI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
d) Fitriyatun Hasanah_20160701040071_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
e) Fitriyatun Hasanah_20160701040071_Abstrak_MPI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
f) Fitriyatun Hasanah_20160701040071_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
g) Fitriyatun Hasanah_20160701040071_BAB I_MPI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
h) Fitriyatun Hasanah_20160701040071_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
i) Fitriyatun Hasanah_20160701040071_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
j) Fitriyatun Hasanah_20160701040071_BAB IV_MPI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
k) Fitriyatun Hasanah_20160701040071_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
l) Fitriyatun Hasanah_20160701040071_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
b) Fitriyatun Hasanah_20160701040071_Pernyataan_Keaslian_MPI.pdf

Download (151kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi, Kepala Madrasah, Indirect Cost, Social Cost Biaya merupakan hal yang sangat urgent dalam semua sektor kehidupan, terutama dalam pendidikan. Dalam pelaksanaannya, pendidikan tidak dapat dipisahkan dari masalah dana. Maka perlu adanya manajemen pembiayaan untuk mengelola biaya pendidikan agar efektif dan efisien. Untuk menciptakan pendidikan yang ideal kepala madrasah dituntut untuk menjadi pemimpin yang kreatif, inovatif, profesional dan mampu mengoptimalkan segala sumber daya yang ada di madrasah. sebab, suatu keberhasilan lembaga pendidikan tergantung pada kepemimpinan kepala madrasah. Dalam hal ini, kepala madrasah sebagai seorang pemimpin harus bisa menggali sumber-sumber pembiayaan agar dapat menciptakan pendidikan yang inovatif dan kreatif dan tentunya murah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi kepala madrasah dalam mengelola dana indirect cost dan social cost untuk pengembangan kompetensi guru dan siswa di MTs Negeri 3 Pamekasan; kedua, apa saja faktor yang mempengaruhi strategi kepala madrasah dalam mengelola dana indirect cost dan social cost untuk pengembangan kompetensi guru dan siswa di MTs Negeri 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara open-ended dan terstruktur, sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi partisipan. Informannya adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi kepala madrasah dalam mengelola dana indirect cost dan social cost untuk pengembangan kompetensi guru dan siswa di MTs Negeri 3 Pamekasan ialah dengan didasari alur pikir dan tata kelola entrepreneur kepala madrasah. Dengan mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di madrasah untuk memiliki alternatif income selain BOS yang dapat menyelenggarakan pendidikan dengan baik tanpa berpikir tentang pembiayaan. Kedua, faktor yang mempengaruhi strategi kepala madrasah dalam mengelola dana indirect cost dan social cost untuk pengembangan kompetensi guru dan siswa di MTs Negeri 3 Pamekasan yaitu faktor pendukung dan penghambat serta solusi yang digunakan agar tidak menjadi penghambat dalam pengembangan tata kelola entrepreneur madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:24
Last Modified: 20 Jan 2023 03:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/315

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item