Salim, Moh. (2022) Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Membaca Iqro’ Melalui Media Puzzle Huruf Hijaiyah Di RA Nuruz Sufyan Liridlallah Sakaddu Timur Bungbaruh Kadur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Moh. Salim_18381061053_Cover_PIAUD_pdf.pdf Download (84kB) |
|
Text
c) Moh. Salim_18381061053_Lembar-Persetujuan-Pembimbing_PIAUD_pdf.pdf Download (130kB) |
|
Text
d) Moh. Salim_18381061053_Lembar-Pengesahan-PIAUD_pdf.pdf Download (197kB) |
|
Text
e) Moh. Salim_18381061053_Abstrak_PIAUD_Pdf.pdf Download (84kB) |
|
Text
f) Moh. Salim_18381061053_Daftar_Isi_PIAUD_pdf.pdf Download (73kB) |
|
Text
g) Moh. Salim_18381061053_BAB I_PIAUD_Pdf.pdf Download (176kB) |
|
Text
h) Moh. Salim_18381061053_BAB II_PIAUD_pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
i) Moh. Salim_18381061053_BAB III_PIAUD_pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
Text
j) Moh. Salim_18381061053_BAB IV_PIAUD_pdf.pdf Download (249kB) |
|
Text
k) Moh. Salim_18381061053_BAB V_PIAUD_pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
l) Moh. Salim_18381061053_Daftar-Pustaka_PIAUD_pdf.pdf Download (106kB) |
|
Text
b) Moh. Salim_18381061053_Surat-Pernyataan-Keaslian-karya-dan_Persetujuan Publikasi-PIAUD_pdf.pdf Download (169kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kemampuan Belajar, Membaca Iqro, Media Puzzle Penelitian ini bertujuan untuk kmeningkatkan kemampuan membaca Iqro’ anak kelompok A di RA Nuruz Sufyan Liridlallah Sakaddu Timur Bungbaruh Kadur Pamekasan melalui media puzzle huruf hijaiyah. Penelitian ini dilakukan karena kemampuan membaca Iqro’ anak masih tergolong rendah hal ini disebabkan kekurangan pembiasaan di sekolah dan guru kurang pengatahuan di bidang tersebut dalam pemilihan bahan ajar dan media yang mendukung. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu :pertama bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Iqro’ pada usia dini melalui media puzzle huruf hijaiyah di RA Nuruz Sufyan Liridlallah Sakaddu Timur Bungbaruh Kadur Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang di lakukan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di RA Nuruz Sufyan Liridlallah Sakaddu Timur Bungbaruh Kadur Pamekasan yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 8 laki-laki dan 4 anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan belajar membaca Iqro’ melalui media puzzle huruf hijaiyah. Metode yang digunakan dalam penggumpulan data adalah lembar observas ianak. Teknik analisis data penelitian menggunakan nilai persentase yang di capai anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media puzzle huruf hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan membaca Iqro’ anak kelompok A di RA Nuruz Sufyan Liridlallah Sakaddu Timur Bungbaruh Kadur Pamekasan. Peningkatan ini dapat di lihat dari hasil observasi yang meningkat setiap siklusnya. Hasil yang di peroleh pada siklus I mencapai 70% dan pada siklus yangke II meningkat menjadi 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle huruf hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan belajar membaca Iqro’ anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71F ?? ?? m71K ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 08:34 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 08:34 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3167 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |