Fauzan, Moh. (2020) Strategi Penerapan Budaya Mutu Madrasah Unggul di MAN 2 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a) Moh Fauzan_ 20160701040130_Cover_MPI.pdf Download (47kB) |
|
Text
c) Moh Fauzan_ 20160701040130_ Lembar Persetujuan Pembimbing _MPI.pdf Download (6kB) |
|
Text
d) Moh Fauzan_20160701040130_Lembar Pengesahan_MPI.pdf Download (88kB) |
|
Text
e) Moh Fauzan_ 20160701040130_ Abstrak _MPI.pdf Download (9kB) |
|
Text
f) Moh Fauzan_ 20160701040130_ Daftar isi_MPI.pdf Download (15kB) |
|
Text
g) Moh Fauzan_ 20160701040130_ BAB I_MPI.pdf Download (293kB) |
|
Text
h) Moh Fauzan_ 20160701040130_ BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
Text
i) Moh Fauzan_ 20160701040130_ BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
j) Moh Fauzan_ 20160701040130_ BAB IV_MPI.pdf Download (550kB) |
|
Text
k) Moh Fauzan_ 20160701040130_ BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
|
Text
l) Moh Fauzan_ 20160701040130_ Daftar Pustaka_MPI.pdf Download (124kB) |
|
Text
b) Moh Fauzan_ 20160701040130_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi _MPI.pdf Download (41kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi, Budaya Mutu, Madrasah Unggul Dalam konteks madrasah aliyah budaya mutu madrasah merupakan perangkat sistem nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, asumsi-asumsi, atau normanorma yang berlaku di madrasah, disepakati oleh dan diikuti warga madrasah aliyah sebagai pedoman perilaku pemecahan berbagai masalah di madrasah tersebut, untuk mempertahankan mutu. Karena budaya mutu madrasah yang kuat sangat signifikan untuk mendukung tujuan madrasah yang lemah akan mengambat madrasah tersebut untuk mencapai tujuannya. Mutu dapat dijamin dengan cara memastikan bahwa setiap individu memiliki bidang yang diperlukannya untuk menjalankan pekerjaaan dengan tepat. Mutu memerlukan waktu, proses dan ketelatenan untul mewujudkan ide-ide baru dengan baik sejak awal. Dalam sebuah lembaga yang bermutu yang baik lahir dari disiplin bersama, tanggung jawab bersama, dan komitmen bersama, sehingga tercipta madrasah yang unggul dan efektif. Madrasah efektif ditentukan oleh orientasi produk sekolah, yaitu lulusan yang diharapkan, kelengkapan organisasi, yaitu pemerolehan sumber daya, motivasi kerja guru, serta model evaluasi pengukuran hasil belajar yang disepakati dan berkesinambungan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi kajian pokok di dalam penelitian ini, yaitu pertama bagaimana strategi kepala madrasah dalam menerapkan budaya mutu madrasah di MAN 2 Pamekasan, kedua bagaimana pelaksanaan kepala madrasah dalam penerapan budaya mutu madrasah di MAN 2 Pamekasan,hasil penerapan budaya mutu madrasah di MAN 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru yang di ikut sertakan dalam perencanaan dan pelaksanaan budaya mutu madrasah dan murid yang terlibat dalam penerapan budaya mutu madrasah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama,perencanaan penerapan budaya mutu madrasah sudah dikatan bagus, kepala madrasah mengadakan rapat sosialisasi kepada seluruh guru di madrasah dan komite madrasah dalam merumuskan perencanaan program yang akan diterapkan mengenai budaya mutu madrasah. Kedua, pelaksanaan penerapan budaya mutu madrasah, kepala madrasah menggunakan beberapa strategi yaitu : a. Mensosialisasikan kepada seluruh siswa melalui guru bk dan waka bagian kesiswaan b. Menjalin kerjasama dengan pihak luar c. Membiasakan penyambutan siswa d. Kegiatan rutinitas mengaji dan solat berjemaah d. Menambah kelas mata pelajaran. Ketiga, dampak penerapan budaya mutu madrasah, terdapat dua dampak positif dalam penerapan budaya mutu madrasah ini yaitu : a. Dampak bagi madrasah, madrasah dapat menambah nilai jual madrasah dan dapat menambah kemajuan madrasah b. Dampak bagi siswa, siswa dapat menambah pemahaman tentang agama, etika dan kesopanan dan meningkatkan prestasi siswa di akademik maupun non akademik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 10 Dec 2020 01:53 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 03:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/317 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |