Implementasi Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) terhadap Perkembangan Emosi Belajar Anak Usia Dini di TK AlIttihad Tambelangan Sampang

Husna, Yetty Harikul (2022) Implementasi Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) terhadap Perkembangan Emosi Belajar Anak Usia Dini di TK AlIttihad Tambelangan Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Yetty Harikul Husna _18381062109_Cover_PIAUD.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Yetty Harikul Husna_18381062109_Persetujuan_PIAUD.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Yetty Harikul Husna_18381062109_Pengesahan_PIAUD.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Yetty Harikul Husna _18381062109_Abstrak_PIAUD.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Yetty Harikul Husna_18381062109_Daftar_Isi_PIAUD.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Yetty Harikul Husna _18381062109_Bab I_PIAUD.pdf

Download (498kB)
[img] Text
Yetty Harikul Husna _18381062109_Bab II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
Yetty Harikul Husna _18381062109_Bab III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
Yetty Harikul Husna _18381062109_Bab IV_PIAUD.pdf

Download (657kB)
[img] Text
Yetty Harikul Husna _18381062109_Bab V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
Yetty Harikul Husna _18381062109_Daftar_Rujukan_PIAUD.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Yetty Harikul Husna_18381062109_Keaslian_Tulisan_PIAUD.pdf

Download (204kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode BCM, Perkembangan Emosi Belajar, Anak Usia Dini Emosi belajar anak usia dini sangat penting untuk dilatih agar proses pembelajaran yang dilakukan terasa lebih mudah dan menyenangkan, anak dapat lebih mudah menyerap informasi yang disampaikan sekaligus melatih kecerdasan emosional mereka. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh hal tersebut adalah dengan bantuan Metode BCM (Bermain, Cerita Menyanyi). Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana implementasi metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) terhadap perkembangan emosi belajar anak usia dini di TK Al-Ittihad Tambelangan Sampang. Kedua, bagaimana perkembangan emosi belajar anak usia dini jika distimulasi melalui metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) di TK Al-Ittihad Tambelangan Sampang. Ketiga, apa saja kelebihan dan kekurangan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) di TK Al-Ittihad Tambelangan Sampang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh berupa wawancara (tidak terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (non partisipan) dan dokumentasi, dengan informan waka kurikulum dan guru kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) di TK Al-Ittihad Tambelangan Sampang adalah metode utama yang diimplementasikan setiap hari dengan kegiatan dan jadwal yang berbeda-beda namun masih tetap membutuhkan metode-metode pembelajaran lainnya sebagai metode pendamping. Kedua, metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) membawa perkembangan emosi belajar anak di TK Al-Ittihad Tambelangan Sampang ke arah perkembangan yang positif hasilnya anak menjadi percaya diri, taat dan disiplin, sabar, mampu menunjukkan reaksi emosi serta berani mengutarakan minat dan keinginan diri sendiri. Ketiga, Kelebihan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) di TK Al-Ittihad Tambelangan Sampang adalah anak merasa bahagia dan tidak tertekan saat belajar, anak terbawa untuk merasakan emosi positif, memudahkan anak mengingat dan menghafalkan sesuatu, membantu anak mendapatkan inspirasi dan pengetahuan baru, sesuai dengan kebutuhan anak usia dini, memudahkan kegiatan belajar mengajar. Kekurangannya adalah bermain terkadang membutuhkan media, bermain membutuhkan strategi, bermain membutuhkan pengawasan lebih ketat, cerita membosankan jika tidak disampaikan dengan tepat, cerita membuat guru lebih banyak berbicara dan anak lebih pasif, dan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) terkadang masih membutuhkan metode lainnya untuk mencapai tujuan dari pembelajaran yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71K ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:29
Last Modified: 14 Jul 2023 07:29
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3203

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item