Manajemen Pengembangan Program Tahfidz di Ma’had MTs Negeri 3 Pamekasan

Rohmah, Yuly Lailatur (2020) Manajemen Pengembangan Program Tahfidz di Ma’had MTs Negeri 3 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a) Yuly Lailatur Rohmah_20160701040251_Cover_MPI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
c) Yuly Lailatur Rohmah_20160701040251_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
d) Yuly Lailatur Rohmah_20160701040251_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
e) Yuly Lailatur Rohmah_20160701040251_Abstrak_MPI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
f) Yuly Lailatur Rohmah_20160701040251_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
g) Yuly Lailatur Rohmah_20160701040251_BAB I_MPI.pdf

Download (330kB)
[img] Text
h) Yuly Lailatur Rohmah_20160701040251_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
i) Yuly Lailatur Rohmah_20160701040251_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
J) Yuly Lailatur Rohmah_20160701040251_BAB IV_MPI.pdf

Download (666kB)
[img] Text
k) Yuly Lailatur Rohmah_20160701040251_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
l) Yuly Lailatur Rohmah_20160701040251_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (391kB)
[img] Text
b) Yuly Lailatur Rohmah_20160701040251_Surat_Pernyataan_Keaslian_dan_Persetujuan_Publikasi_MPI.pdf

Download (66kB)

Abstract

Kata Kunci:Manajemen, Program Pengembangan Tahfidz, Ma’had. Manajemen pengembangan program tahfidz adalah proses mengembangkan program tahfidz atau menghafal yang hal ini sudah terencana dan terarah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan melalui beberapa proses mulai dari perencanaan, implementasi sampai evaluasi. Manajemen pengembangan program tahfidz di ma'had dibutuhkan agar program tahfidz yang dimiliki madrasah sebagai wadah untuk siswa yang menghafal dapat berkembang sesuai yang diinginkan dan membantu siswa dalam proses menghafal. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu; pertama, bagaimana perencanaan pengembangan program tahfidz di ma’had MTs Negeri 3 Pamekasan; kedua, bagaimana implementasi pengembangan program tahfidz di ma’had MTs Negeri 3 Pamekasan; ketiga, bagaimana evaluasi pengembangan program tahfidz di ma’had MTs Negeri 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi non partisipan. Informan dalam penelitian ini kepala madrasah dan pembina tahfidz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan pengembangan program tahfidz dilakukan dengan melihat kebutuhan ma’had yang ternyata membutuhkan program yang sesuai potensi peserta didik yaitu tahfidz. Program tahfidz ini dikembangkan dari mengadakan bimbingan tahfidz sampai menjadi “Kantin Tahfidz”. Yang terlibat dalam perencanaan pengembangan program tahfidz ini kepala madrasah, pembina asrama, guru, komite dan orang tua; kedua, implementasi pengembangan program tahfidz ada tiga tahap; pertama pramenghafal, tahap kedua menghafal dan tahap terakhir pasca menghafal; ketiga, evaluasi pengembangan program tahfidz ini sudah banyak peserta didik yang mengikuti program telah hafal beberapa Juz al-Qur’an dan tahfidz lainnya yang ditempuh dalam 3 tahun. Prestasi yang diraih peserta didik tidak selalu diukur dengan jumlah penghargaan yang diperoleh meski beberapa kali menjuarai event tetapi dapat diukur melalui kualitas bacaan dan hafalannya. Kendala yang dialami adalah masalah ketersediaan waktu serta peserta didik juga memiliki kegiatan selain tahfidz yang membuat jadwal mereka cukup padat dan akhirnya hanya dapat menghafal pada jam kegiatan tahfidzyangharusnya digunakan untuk setoran dan perbaikan tajwid. Untuk menyelesaikan kendala yang dihadapi, setelah shalat isya’ peserta didik tadarus bertujuan agarvi peserta didik yang kemampuan tajwidnya kurang belajar dari yang lebih fasih dengan mendengarkan bacaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 14 Dec 2020 00:55
Last Modified: 20 Jan 2023 03:46
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/321

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item