Rahmatillah, Nur (2022) Kebijakan Konsep Merdeka Belajar dalam Perspektif Sekolah di MI At-Taubah Desa Prajjan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Nur Rahmatillah_18381052063_Cover_PGMI.pdf Download (86kB) |
|
Text
Nur Rahmatillah_18381052063_Lembar persejuan skripsi.pdf Download (159kB) |
|
Text
Nur Rahmatillah_18381052063_Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (290kB) |
|
Text
Nur Rahmatillah_18381052063_Abstrak_PGMI.pdf Download (188kB) |
|
Text
Nur Rahmatillah_18381052063_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (187kB) |
|
Text
Nur Rahmatillah_18381052063_BAB I_PGMI.pdf Download (520kB) |
|
Text
Nur Rahmatillah_18381052063_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
|
Text
Nur Rahmatillah_18381052063_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text
Nur Rahmatillah_18381052063_BAB IV_PGMI.pdf Download (581kB) |
|
Text
Nur Rahmatillah_18381052063_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text
Nur Rahmatillah_18381052063_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (397kB) |
|
Text
Nur Rahmatillah_18381052063_Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (133kB) |
Abstract
Kata kunci: Kebijakan, Konsep Merdeka Belajar, Perspektif, Sekolah. Di era revolusi 4.0 sistem pendidikan harus mampu menciptakan generasi bangsa yang memiliki keterampilan berfikir kreatif, inovasi dan berkemampuan dalam berkomunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Maka dari itu bapak Kemendikbud Nadiem Makarim pada awal 2020 dalam pidatonya beliau mencetuskan suatu kebijakan baru dalam dunia pendidikan yaitu konsep merdeka belajar, menurutnya konsep ini sesuai dengan tantangan dunia di era revolusi 4.0. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat 2 permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu; pertama Bagaimana kebijakan konsep merdeka belajar dalam perspektif sekolah di MI At-Taubah Desa Prajjan Keacamatan Camplong Kabupaten Sampang, kedua Apa saja indikator merdeka belajar di MI AtTaubah Desa Prajjan Keacamatan Camplong Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah MI At-Taubah, guru, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan perpanjangan pengamatan terkait dengan data yang kurang, meningkatkan ketekunan dalam penelitian untuk menghindari kesalahan dalam mengambil data, dan memperinci terhadap data-data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama kebijakan konsep merdeka belajar dalam perspektif sekolah di MI At-Taubah, kehadiran kebijakan ini sangat disambut dengan baik dan juga memiliki nilai positif bagi sekolah dan satuan pendidikan dan terkait dengan 4 program yang dicetuskan oleh Mendikbud Nadiem hapir semuanya diterapkan Di Mi At-Taubah. Konsep merdeka belajar merupakan suatu tantangan baru bagi guru dan siswa agar lebih berinovasi, bersemangat lagi dalam memberikan pembelajaran demi mencerdaskan siswa serta demi kemajuan siswa. Kedua indikator merdeka belajar yang ada di MI At-Taubah, yaitu membebaskan siswa untuk berkarya, menciptakan suasana belajar mengajar yang aktif, kondusif, menyenangkan dan bahagia dan memperbaiki metode pembelajaran,mengaktifkan suasana pembelajaran dengan melakukan diskusi. Serta memotivasi siswa untuk lebih aktif dan berinovasi dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 02:17 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:06 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3283 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |