Pengaruh Metode Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah (PR) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Gaya Dan Gerak Di SDN TRASAK 02 Di Desa Trasak Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan

Firdausiyah, Umi (2022) Pengaruh Metode Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah (PR) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Gaya Dan Gerak Di SDN TRASAK 02 Di Desa Trasak Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-Cover-PGMI.pdf.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-Halaman Persetujuan-PGMI.pdf.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-Halaman Pengesahan-PGMI.pdf.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-Kata Pengantar-PGMI.pdf.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-Abstrak-PGMI.pdf.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-Daftar Isi-PGMI.pdf.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-BAB I- PGMI.pdf.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-BAB II-PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-BAB III-PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-BAB IV-PGMI.pdf.pdf

Download (490kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-BAB V-PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-Daftar Rujukan-PGMI.pdf.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-Keaslian Tulisan-PGMI.pdf.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-Bebas Plagiasi-PGMI.pdf.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-Lampiran-PGMI.pdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Umi Firdausiyah-18381052104-Riwayat Hidup-PGMI.pdf.pdf

Download (171kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas PR, Pemahaman, Gaya Dan Gerak Kegiatan pembelajaran ialah suatu kegiatan interaksi yang dilakukan oleh guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Kegiatan interaksi dapat dikatakan berhasil apabila dalam interaksi tersebut siswa terlibat aktif. Ketidak berhasilan siswa dalam suatu pembelajaran salah satunya disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Hal ini terjadi pada kelas IV SDN Trasak 02 yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah serta siswa malas untuk belajar, khususnya pada pembelajaran materi gaya dan gerak. Salah satu metode pembelajaran yang dipandang dapat meningkatkan pemahaman siswa adalah metode pemberian tugas pekerjaan rumah (pr) yaitu metode yang menitik beratkan pada tugas tertentu baik lisan maupun tertulis yang dikerjakan diluar jam sekolah yang berkaitan dengan pelajaran yang telah dipelajari Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana gambaran pemberian tugas pekerjaan rumah (pr) terhadap pemahaman siswa pada materi gaya dan gerak di SDN Trasak 02; kedua, bagaimana pengaruh metode pemberian tugas pekerjaan rumah (pr) terhadap pemahaman siswa pada materi gaya dan gerak di SDN Trasak 02; ketiga, seberapa besar pengaruh metode pemberian tugas pekerjaan rumah (pr) terhadap pemahaman siswa pada materi gaya dan gerak di SDN trasak 02 . Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan True experimental design jenis posttest-only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes (post test) dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 26 siswa kelas IV SDN Trasak 02. Sampel penelitian ini yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu 26 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik non-probability sampling (sampel tanpa acak). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini yaitu gambaran pemberian tugas sebelum diberikan perlakuan hasil pretest dan angket siswa rendah. berdasarkan data hasil dari Post test siswa didapat thitung = 8,23704. Selanjutnya penulis bandingkan dengan ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2 (13 + 13 – 2 = 24 ) dengan taraf kesalahan 5% diperoleh ttabel = 2,064. Oleh karena thitung > ttabel yaitu 8,23704 > 2,064 (untuk thitung dari data hasil post tets). maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pemberian tugas pekerjaan rumah (pr) terhadap pemahaman siswa pada materi gaya dan gerak di SDN Trasak 02 di Desa Trasak Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Hal ini berarti bahwa (Ho) ditolak dan (Ha) diterima

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:36
Last Modified: 27 Jan 2023 08:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3288

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item