Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Mengembangkan Potensi Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan

Abdillah, Amirul Islam (2020) Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Mengembangkan Potensi Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Amirul Islam Abdillah_18201501040022_COVER_MPI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Amirul Islam Abdillah_18201501040022_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
AMIRUL ISLAM ABDILLAH_1801501040022_Lembar Pengesahan_MPI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Amirul Islam Abdillah_18201501040022_Abstrak_MPI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Amirul Islam Abdillah_18201501040022_Daftar Isi_MPI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Amirul Islam Abdillah_18201501040022_BAB I_MPI.pdf

Download (465kB)
[img] Text
Amirul Islam Abdillah_18201501040022_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
Amirul Islam Abdillah_18201501040022_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
Amirul Islam Abdillah_18201501040022_BAB IV_MPI.pdf

Download (597kB)
[img] Text
Amirul Islam Abdillah_18201501040022_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
Amirul Islam Abdillah_18201501040022_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
AMIRUL ISLAM ABDILLAH_18201501040022_PERNYATAAN_KEASLIAN_TULISAN_KARYA_MPI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Pendekatan, Pengelolaan Kelas, Minat Belajar Pendekatan merupakan strategi, metode, disain atau model dalam memecahkan suatu permasalahan yang dihadapi. Pendekatan disini diartikan sebagai strategi yang dilakukan oleh guru dalam memecahkan masalah-masalah pengelolaan kelas yang dihadapi oleh guru atau wali kelas. Pengelolaan kelas adalah suatu kegiatan yang direncanakan dan sengaja dilakukan oleh guru atau wali kelas untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal. Minat belajar merupakan suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan dalam keinginan untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Pendekatan apa saja yang digunakan dalam pengelolaan kelas untuk mengembangkan potensi minat belajar siswa kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan; Kedua, Bagaimana penerapan pendekatan dalam pengelolaan kelas untuk mengembangkan potensi minat belajar siswa XI IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan; Ketiga Apa saja faktorfaktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas XI IPS 3 MAN 2 Pamekasan,. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah wali kelas, guru pengajar, dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui derajat kepercayaan (creadibility) yang dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, untuk mengetahui pendekatan yang digunakan dalam pengelolaan kelas untuk mengembangkan potensi minat belajar siswa adalah pendekatan elektic. Pendekatan elektic ini suatu pendekatan campuran atau memadukan beberapa pendekatan diantaranya pendekatan ancaman, pendekatan kebebasan, pendekatan sosio emosional, pendekatan tingkah laku dan pendekatan proses kelompok, ketika menghadapi suatu masalah yang terjadi sesuai dengan kondisi yang dialami. Kedua, untuk menerapkan pendekatan ini yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan berbagai macam pendekatan yang dapat menciptakan dan mempertahankan sesuai dengan kondisi kelas yang diinginkan atau kegiatan belajar mengajar efektif dan efisien. Ketiga, faktor yang mempengaruhi minat belajar kurangnya kesadaran pada peserta didik dalam memenuhi tugas dan haknya sebagai murid di Madrasah dapat merupakan faktor utama penyebab yang mempengaruhi minat belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:25
Last Modified: 20 Jan 2023 08:01
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/329

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item