Maulina, Lailatul (2022) Implementasi Kurikulum Terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abdurrahman Bil-Faqih Lawangan Daya Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20170701042099_SAMPUL.pdf Download (67kB) |
|
Text
20170701042099_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (104kB) |
|
Text
20170701042099_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (454kB) |
|
Text
20170701042099_ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
20170701042099_DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
Text
20170701042099_BAB I.pdf Download (331kB) |
|
Text
20170701042099_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
Text
20170701042099_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
Text
20170701042099_BAB IV.pdf Download (442kB) |
|
Text
20170701042099_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
20170701042099_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (12kB) |
|
Text
20170701042099_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (110kB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Terpadu Berdirinya sekolah-sekolah Islam bukan sekedar untuk melaksanakan pendidikan formal bagi peserta didik, akan tetapi bagaimana ajaran Islam itu sendiri menjadi bagian dalam setiap aktivitas kehidupan di dalam sekolah. Kemudian seberapa tingkat kualitas ajaran Islam itu sendiri melekat pada diri setiap individu di dalam sekolah. Dan dengan demikian adanya kurikulum sebagai kebutuhan bagi sekolah sebagai arah proses pendidikan. Demikian pula kurikulum terpadu sebagai penyeimbang pendidikan umum dan pendidikan Agama peserta didik. Demikian pun dilakukan oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Abdurrahman Bil-Faqih (ABFA) Lawangan Daya Pamekasan. Di sekolah tersebut menerapkan kurikulum terpadu dalam proses pendidikannya yang memiliki motto tidak hanya mewujudkan peserta didik yang cerdas akan tetapi juga berakhlakul karimah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana proses implementasi kurikulum terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abdurrahman Bil-Faqih Lawangan Daya Pamekasan, kedua bagaimana efektivitas implementasi kurikulum terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abdurrahman Bil-Faqih Lawangan Daya Pamekasan, dan ketiga Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi kurikulum terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abdurrahman Bil-Faqih Lawangan Daya Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, ada tiga proses dalam implementasi kurikulum terpadu tersebut yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, efektivitas implementasi kurikulum terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abdurrahman Bil-Faqih Lawangan Daya Pamekasan sejauh ini sudah cukup efektif dan memadai. Hasil dari kurikulum ditinjau dari empat pilarnya yaitu: (1) lahirnya hafidz dan hafidzah (produk); (2) program tahfidz al-Qur’an bagi setiap siswa (program); (3) kurikulum dipandang sebagai sesuatu yang diharapkan akan dipelajari oleh peserta didik yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan; dan (4) kurikulum sebagai pengalaman peserta didik. Ketiga, faktor pendukung dari implementasi kurikulum terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abdurrahman Bil-Faqih Lawangan Daya Pamekasan berupa adanya kerja sama dan komunikasi yang terjalin antara sekolah dan wali murid. Sedangkan penghambat dari implementasi kurikulum terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abdurrahman Bil-Faqih Lawangan Daya Pamekasan adalah proses pembelajaran daring sehingga menjadikan kontrol tidak maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71H ?? ?? m71I ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:59 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3305 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |