Rahmawati, Ayu (2022) Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Media Gambar Siswa Kelas II di SDN Angsanah 1 Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ayu Rahmawati_18381052014_Cover_PGMI.pdf Download (218kB) |
|
Text
Ayu Rahmawati_18381052014_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (294kB) |
|
Text
Ayu Rahmawati_18381052014_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (407kB) |
|
Text
Ayu Rahmawati_18381052014_Abstrak_PGMI.pdf Download (183kB) |
|
Text
Ayu Rahmawati_18381052014_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (298kB) |
|
Text
Ayu Rahmawati_18381052014_BAB I_PGMI.pdf Download (433kB) |
|
Text
Ayu Rahmawati_18381052014_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
|
Text
Ayu Rahmawati_18381052014_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
|
Text
Ayu Rahmawati_18381052014_BAB IV_PGMI.pdf Download (566kB) |
|
Text
Ayu Rahmawati_18381052014_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
Ayu Rahmawati_18381052014_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (11kB) |
|
Text
Ayu Rahmawati_18381052014_Surat_Pernyataan_Keaslian_karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf Download (253kB) |
Abstract
Kata kunci : Kemampuan Menulis, Media Gambar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keresahan bahwa selama ini, Bahasa Indonesia di jenjang SD salah satu pembelajaran yang mudah akan tetapi, peserta didik masih sulit untuk memahaminya. dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah saja, dan juga kurangnya keterampilan guru dalam penggunaan media pembelajaran, berupa media pembelajaran sehingga mengakibatkan kurangnya motivasi belajar peserta didik. Untuk mencari solusi permasalahan ini perlu adanya terobosan baru, salah satunya menggunakan media pembelajaran berupa media gambar. Penelitian ini dilakukan di SDN Angsanah 1 Palengaan Pamekasan, metode yag digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa kualitatif, alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal-soal tes. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan media pembelajaran yaitu Media Gambar. persentase ketuntasan siswa pada prasiklus adalah 16,67% sedangkan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 61,1% meningkat lagi ketentusan siswa pada siklus II sebesar 88,89%. Peningkatan ketuntasan belajar siswa juga diikuti dengan peningkatan rata-rata siswa yaitu pada pra-siklus sebesar 48,33 meningkat 63,3 dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 74,72. Dengan demikian penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan telah memenuhi indikator kaberhasilan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:19 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:19 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3334 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |