Hasanah, Uswatun (2022) Pemanfaatan Audio Visual Film “Soekarno: Indonesia Merdeka” sebagai Media Pembelajaran Sejarah (Kelas XI MA. Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan Tahun Pelajaran 2021-2022). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Uswatun Hasanah_20160701080104_Cover_TIPS..pdf Download (172kB) |
|
Text
b) Uswatun Hasanah_20160701080104_Lembar-Persetujuan_Pembimbing_TIPS..pdf Download (29kB) |
|
Text
c) Uswatun Hasanah_20160701080104_Lembar Pengesahan_TIPS..pdf Download (53kB) |
|
Text
d) Uswatun Hasanah_20160701080104_Abstrak_TIPS..pdf Download (122kB) |
|
Text
e) Uswatun Hasanah_20160701080104_Daftar_Isi_TIPS..pdf Download (164kB) |
|
Text
f) Uswatun Hasanah_20160701080104_BAB I_TIPS..pdf Download (256kB) |
|
Text
g) Uswatun Hasanah_20160701080104_BAB II_TIPS..pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
h) Uswatun Hasanah_20160701080104_BAB III_TIPS..pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
i) Uswatun Hasanah_20160701080104_BAB IV_TIPS..pdf Download (590kB) |
|
Text
j) Uswatun Hasanah_20160701080104_BAB V_TIPS..pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
Text
k) Uswatun Hasanah_20160701080104_Daftar_Pustaka_TIPS..pdf Download (159kB) |
|
Text
Keaslihan Tulisan.pdf Download (93kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pemanfaatan, Audio Visual, Pembelajaran Sejarah Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas XI MA. Nasyrul Ulum menunjukkan bahwa: 1) efektifitas pemanfaatan audio visual yang dilakukan oleh guru yaitu dapat mempermudah penyampaian materi serta merangsang minat siswa untuk berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. 2) upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan mengolah informasi siswa yaitu dengan menerapkannya pembelajaran yang menarik dan menyenangkan seperti menggunakan media audio visual. Sehingga dapat dengan mudah bagi siswa dalam mengolah informasi serta untuk mengingat setiap informasi pada materi pelajaran sejarah. 3) dampak pada pemanfaatan audio visual film “Soekarno: Indonesia Merdeka” yaitu siswa dapat mempermudah pemahaman pada materi pelajaran, membangun suasana kelas yang menyenangkan, meminimalisir rasa bosan pada pelajaran sejarah, serta hasil belajar siswa yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data manusia yang ada pada penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan data non manusia adalah dokumen-dokumen sekolah seperti agenda harian, data guru, dan struktur organisasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71F ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:06 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:06 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3337 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |