yatika, Sri (2020) Sistem Rekrutmen Peserta Didik Berbasis Zonasi di SMAN 5 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Sri Yatika_20160701040218_SAMPUL_MPI.pdf Download (136kB) |
|
Text
Sri Yatika_20160701040218_HLM PERSETUJUAN_MPI.pdf Download (150kB) |
|
Text
Sri Yatika_20160701040218_HLM PENGESAHAN_MPI.pdf Download (92kB) |
|
Text
Sri Yatika_20160701040218_ABSTRAK_MPI.pdf Download (167kB) |
|
Text
Sri Yatika_20160701040218_KT PENGANTAR_MPI.pdf Download (171kB) |
|
Text
Sri Yatika_20160701040218_DAFTAR ISI_MPI.pdf Download (168kB) |
|
Text
Sri Yatika_20160701040218_BAB I_MPI.pdf Download (260kB) |
|
Text
Sri Yatika_20160701040218_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
Text
Sri Yatika_20160701040218_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
Text
Sri Yatika_20160701040218_BAB IV_MPI.pdf Download (325kB) |
|
Text
Sri Yatika_20160701040218_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
Text
Sri Yatika_20160701040218_DAFTAR RUJUKAN_MPI.pdf Download (180kB) |
|
Text
Sri Yatika_20160701040218_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf Download (36kB) |
Abstract
Kata kunci:Rekrutmen, pesertadidik, zonasi Rekrutmen peserta didik berbasis zonasi merupakan suatu proses pencarian dan menentukan peserta didik yang nantinya akan menjadi pesertadidik pada lembaga sekolah yang bersangkutan berdasarkan radius dan jarak. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga macam permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana proses rekrutmen peserta didik berbasis zonasi di SMAN 5 Pamekasan; kedua, bagaimana dampak positif dan negative sistem zonasi terhadap penerimaan peserta didik baru di SMAN 5 Pamekasan; ketiga, apa saja kelebihan dan kelemahan serta saran dari sistem zonasi bagi penerimaan peserta didik baru di SMAN 5 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, yaitu kepala sekolah, Waka Kesiswaan, dan panitia PPDB. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, proses rekrutmen peserta didik baru berbasis zonasi di SMAN 5 Pamekasan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pembentukan panitia, rapat penerimaan peserta didik, pembuatanii atau pemasangan pengumuman penerimaan peserta didik baru, menyediakan formulir, pendaftaran calon peserta didik, seleksi peserta didik, penetapan daya tampung kelas, orientasi siswa, pembagian kelas. Kedua, dampak positif dari sitem zonasi rekrutmen peserta didik baru di SMAN 5 Pamekasan: dapa tmenghilangkan embel-embel mengenai sekolah unggul dan non unggul dan memudahkan peserta didik untuk sampai kesekolah karena jaraknya dekat. Ketiga, dampak negative rekrutmen peserta didik berbasis zonasi di SMAN 5 Pamekasan: tata cara pendaftaran PPDB jalur online membuat masyarakat kebingungan. Keempat, kelebihan dari sistem rekrutmen peserta didik berbasis zonasi di SMAN 5 Pamekasan: sebagai strategi pecepatan pemerataan pendidikan dan menghilangkan kasta dalam sistem pendidikan. Kelima, kelemahannya yaitu prioritas jarak sebagai penentu utama PPDB masih sulit diterapkan, mengingat jumlah lulusan setiap sekolah belum seimbang. Adapun saran dari untuk kedepannya adalah: sebelum menerbitkan kebijakan, pemerintah perlu ada persiapan matang serta mempertimbangkan jumlah sekolah disetiap zona.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 03:09 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 08:23 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/335 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |