Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Tradisi Pir-Piran Di Desa Bandaran Pamekasan

Sari, Ivana Mayang (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Tradisi Pir-Piran Di Desa Bandaran Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ivana Mayang Sari_ 18381012081_Cover_PAI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Ivana Mayang Sari_ 18381012081_ Lembar Pesertujuan_ Pembimbing_PAI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Ivana Mayang Sari_ 18381012081_ Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Ivana Mayang Sari_ 18381012081_ Abstrak_PAI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Ivana Mayang Sari_ 18381012081_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Ivana Mayang Sari_ 18381012081_BAB I_PAI.pdf

Download (534kB)
[img] Text
Ivana Mayang Sari_ 18381012081_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
Ivana Mayang Sari_ 18381012081_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
Ivana Mayang Sari_ 18381012081_BAB IV_PAI.pdf

Download (468kB)
[img] Text
Ivana Mayang Sari_ 18381012081_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
Ivana Mayang Sari_ 18381012081_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (413kB)
[img] Text
18381012081_KEASLIAN TULISAN..pdf

Download (253kB)

Abstract

Katakunci: internalisasi, nilai-nilai PAI, tradisi Pir-Piran. Internalisasi sebagai proses penanaman nilai kedalam jiwa seseorang sehingga nilai tersebut tercermin pada sikap dan perilaku yang ditampakkan dalam kehidupan yang terjadi. Kontrol yang dilakukan masyarakat adalah sebuah usaha memasukkan terhadap segala tindak masyarakat agar sesuai dengan nilai-nilai islam, seperti Internalisasi Nilai-Nilai PAI Dalam Tradisi Pir-Piran di Desa Bandaran Pamekasan. Tadisi yaitu segala sesuatu seperti adat, kebiasaan ajaran dan sebagainya yang turun temurun dari nenek moyang yang dilestarikan terus hingga sekarang. Sedangkan pirpiran adalah sentral perayaan atas hari raya idul fitri dan idul adha yang dimaknai dengan alat kendaraan roda dua yang dihelai oleh seekor kuda seperti delman. Prosesi Tradisi Pir-Piran menjadi kegiatan yang sesuai dengan ajaran Agama Islam yakni dengan menggelar silaturrahmi antar desa gotong royong membersihkan makam serta meriahkan kemenangan hari raya dengan takbir keliling. Penelitian ini memililiki dua fokus penelitian. Pertama, Bagaimana Internalisasi Nili-Nilai PAI dalam Tradisi Pir-Piran di Desa Bandaran Pamekasan ?. Kedua, Bagaimana Dampak Internalisasi Nilai-Nili PAI dalam Tradisi Pir-Piran di Desa Bandaran Pamekasan ?. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang dihasilkan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber yang peneliti datangi diantaranya kepala desa, staf desa, serta masyarakat. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan masyarakat dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Tradisi Pir-Piran Desa Di Desa Bandaran Pamekasan adalah tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, tahap transinternalisasi. Adapun dampak dari Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Tradisi Pir-Piran Desa Di Desa Bandaran Pamekasan yakni pertama, Prosesi Kegiatan Tradisi Pir-Piran desa lebih islami, yang memiliki nilai-nilai pendidikan agama islam nyaitu nilai akidah, nilai syariah, nilai akhlak yang ciri khas sendiri dalam kegiatan Tradisi Pir-Piran yakni bersilaturahmi antar desa dengan menaiki alat kendaran berupa delman, becak, sepeda motor dan odong-odong yang digunakan oleh warga masyarakat. Kedua, Mengeratkan Ukhuwah Islamiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_014 ??
?? m_155 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:15
Last Modified: 11 Jul 2023 01:15
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3350

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item