Adzima, Fauzan (2020) Penerapan Metode Cerita Islami Dalam Meningkatkan Pendidikan Akhlak Di MTs Hidayatul Mubtadiin Pancoran Barat Kadur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. Fauzan Adzima_18201301010088_cover_PAI.pdf Download (234kB) |
|
Text
3. Fauzan Adzima_18201301010088_Lembar_Persetujuan_pembimbing_PAI.pdf Download (408kB) |
|
Text
4. auzan Adzima_18201301010088_ Lembar_Pengesahan _PAI.pdf Download (539kB) |
|
Text
5.Fauzan Adzima_18201301010088_Abstrak_PAI.pdf Download (184kB) |
|
Text
7.Fauzan Adzima_18201301010088_ Daftar_Isi _PAI.pdf Download (190kB) |
|
Text
8.Fauzan Adzima_18201301010088_ BAB I _PAI.pdf Download (519kB) |
|
Text
9.Fauzan Adzima_18201301010088_ BAB_II _PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
|
Text
10.Fauzan Adzima_18201301010088_ BAB_III _PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text
11. Fauzan Adzima_18201301010088_ BAB_IV _PAI.pdf Download (251kB) |
|
Text
12. Fauzan Adzima_18201301010088_ BAB_V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
|
Text
13. Fauzan Adzima_18201301010088_ DAFTAR_PUSTAKA _PAI.pdf Download (121kB) |
|
Text
2. Fauzan Adzima_18201301010088_Surat_Pernyataan_keaslian_karya_dan_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf Download (537kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode cerita, Pendidikan akhlak Ada 2 fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini: 1. Bagaimana penerapan metode cerita islami dalam meningkatkan pendidikan akhlak di MTs Hidayatul Mubtadiin Pancoran Barat Kadur Pamekasan?. 2. Bagaimana gambaran keberhasilan penerapan metode cerita islami dalam meningkatkan pendidikan akhlak di MTs Hidayatul Mubtadiin Pancoran Barat Kadur Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber datanya adalah kepala madrasah, guru, dan siswa. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.. Adapun hasil penelitian ini adalah: Pertama, Sebagian guru di Mts Hidayatul Mubtadiin sudah menerapkan metode cerita islami dalam mendidik akhlak siswa sebagai tidak lanjut dari anjuran kepala madrasah. Adapun dalam penerapannya sebelum masuk kelas dan bercerita terlebih dahulu guru mencari dan memilih materi cerita yang akan disampaikan kepada siswa kemudian mempelajarinya. Guru terlebih dahulu mengkondisikan keadaan siswa sebelum bercerita di dalam kelas. Dan setelah bercerita guru memberikan nasehat dan menjelaskan hal-hal penting yang terdapat dalam cerita yang disampaikannya agar siswa bisa memahami isi dari cerita tersebut.. Kedua, Gambaran keberhasilan penerapan metode cerita islami dalam meningkatkan pendidikan akhlak di MTs Hidayatul Mubtadiin Pancoran Barat Kadur Pamekasan sebagai berikut. 1). Siswa berperilaku baik terhadap gurunya seperti bersalaman sebelum dan setelah belajar. 2). Siswa merasa senang dan lebih semangat belajar karena termotivasi dari cerita yang gurunya sampaikan. 3). Menyadari kesalahanya yang belum disadari sebelumnya seperti sikap yang kurang sopan kepada orang tua. 4). Memperbaiki sikap sosial siswa dengan teman-temannya. 5). Siswa lebih istiqomah dalam melaksanakan ibadah seperti mengikuti praogram istighosah dan salat dhuhur berjemaah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_014 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:20 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:20 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3353 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |