Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Kenampakan Alam Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Media Visual Pada Siswa Kelas V di SD Negeri Panempan 1 Pamekasan

Sari, Erfina Kumala (2022) Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Kenampakan Alam Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Media Visual Pada Siswa Kelas V di SD Negeri Panempan 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Erfina Kumala Sari_18381052020_Cover_PGMI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Erfina Kumala Sari _18381052020_Lembar Persetujuan_PGMI.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Erfina Kumala Sari_18381052020_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (479kB)
[img] Text
Erfina Kumala Sari_18381052020_Abstrak_PGMI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Erfina Kumala sari_18381052020_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Erfina Kumala Sari_18381052020_BAB I_PGMI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Erfina Kumala Sari_18381052020_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
Erfina Kumala Sari_18381052020_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
Erfina Kumala Sari_18381052020_BAB IV_PGMI.pdf

Download (623kB)
[img] Text
Erfina Kumala Sari_18381052020_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
Erfina Kumala Sari_18381052020_Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Erfina Kumala Sari_18381052020_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (484kB)

Abstract

Kata Kunci: Pemahaman, Kenampakan Alam, Metode Demonstrasi, Media Visual. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi kenampakan alam. Hal itu terjadi karena proses pembelajaran yang cenderung pasif serta penggunaan media pembelajaran yang tidak dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran menyebabkan siswa tidak mendapatkan pemahaman secara optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui penerapan metode demonstrasi dan media visual dalam meningkatkan pemahaman materi kenampakan alam di Indonesia pada kelas V di SD Negeri Panempan 1 Pamekasan dan (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi kenampakan alam dengan menggunakan metode demonstrasi dam media visual pada siswa kelas V SD Negeri Panempan 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Panempan 1 Pamekasan tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 10 yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. KKM untuk mata pelajaran Tematik di kelas V SD Negeri Panempan 1 Pamekasan adalah 70. Penerapan metode demonstrasi dan media visual pada penelitian ini yaitu: 1) Guru mempersiapkan media visual yang diperlukan, 2) Guru menjelaskan rencana pembelajaran, 3) Guru mendemonstrasikan materi kenampakan alam secara perlahan dan jelas dibantu media visual yang sudah disiapkan, 4) Guru menugaskan siswa untuk mendemonstrasikan ulang materi kenampakan alam secara perlahan dan mandiri, 5) Guru memberikan latihan sesuai buku Tematik, 6) Siswa maju ke depan kelas untuk menyampaikan hasil pekerjaan secara lisan, 7) Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari, 8) Evaluasi dan Penutup. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode demonstrasi dan media visual dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi kenampakan alam di Indonesia pada kelas V SD Negeri Panempan 1 Pamekasan. Hal ini dapat dibuktikan dari data ketuntasan aktivitas siswa, data ketuntasan hasil belajar siswa, persentase ketuntasan aktivitas siswa, dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Prasiklus diperoleh nilai 405, 444, dengan persentase ketuntasan sebesar 10%. Naik pada Siklus I dengan nilai 625, 612, dengan persentase ketuntasan sebesar 40%. Dan naik lagi pada Siklus II dengan nilai 840, 748, dengan persentase ketuntasan sebesar 80%. Sehingga dari hasil tersebut dapat dinyatakan berhasil karena telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:19
Last Modified: 10 Jul 2023 02:19
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3356

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item