Paramiswati, Ike (2022) Upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran make a match kelas IV di SDN Durbuk II pademawu pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ike Paramiswati_18381052032_Cover_PGMI.pdf Download (171kB) |
|
Text
Ike Paramiswati_18381052032_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (163kB) |
|
Text
Ike Paramiswati_18381052032_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (208kB) |
|
Text
Ike Paramiswati_18381052032_Abstrak_PGMI.pdf Download (145kB) |
|
Text
Ike Paramiswati_18381052032_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (161kB) |
|
Text
Ike Paramiswati_18381052032_BAB I_PGMI.pdf Download (393kB) |
|
Text
Ike Paramiswati_18381052032_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
Text
Ike Paramiswati_18381052032_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
Text
Ike Paramiswati_18381052032_BAB IV_PGMI.pdf Download (611kB) |
|
Text
Ike Paramiswati_18381052032_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
Ike Paramiswati_18381052032_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (366kB) |
|
Text
Ike Paramiswati_18381052032_Surat_Penyataan_Keaslian_PGMI.pdf Download (223kB) |
Abstract
Kata kunci: keaktifan, model pembelajaran make a match Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas IV di SDN Durbuk II dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dikarenakan kurangnya guru dalam menerapkan model pembelajaran sehingga membuat siswa kurang konsetrasi dalam mengikuti pembelajaran, dan membuat siswa mudah jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV di SDN Durbuk II Pademawu Pamekasan dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam menerapkan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV di SDN Durbuk II Pademawu Pamekasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode campuran sekuensial eksplanatori (explanatory sequential mixed methods) melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tindakan dari masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, dalam setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yang merupakan tahapan dari Penelitian Tindakan kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran make a match kelas IV di SDN Durbuk II pademawu pamekasan, yang telah dibuktikan dari hasil belajar dalam setiap akhir siklus. Pada tahap pra siklus presentase siswa mencapai 16,66% mengalami peningkatan pada siklus 1 yaitu mencapai 61, 11% sedangkan pada siklus yang ke 2 juga mengalami peningkatan sebesar 88,88% dan kelebihan dan kekurangan dalam menerapkan model pembelajaran make a match yaitu meningkatkan aktivitas belajar siswa, melatih siswa dalam kedisiplinan waktu untuk belajar, meningkatkan pemahaman materi dan motivasi, menciptakan suasana yang menarik dan aktif, kerjasama siswa berjalan secara dinamis dan kekurangannya yaitu sangat membutuhkan bimbingan dalam melakukan kegiatan dan membatasi waktu supaya siswa tidak banyak bermain .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:17 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:17 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3359 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |