Mabrurah, Mabrurah (2022) Efektivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Dengan Menggunakan Metode Ceramah Di kelas VI MI Nurul Jihad Sana Laok Waru Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Mabrurah_18381052048_Cover_PGMI.pdf Download (236kB) |
|
Text
Mabrurah_18381052048_Lembar_Persetujuan_Pembimbing.pdf Download (171kB) |
|
Text
Mabrurah_18381052048_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf Download (299kB) |
|
Text
Mabrurah_18381052048_Abstrak_PGMI.pdf Download (109kB) |
|
Text
Mabrurah_18381052048_Daftar isi_PGMI.pdf Download (196kB) |
|
Text
Mabrurah_18381052048_BAB I_PGMI.pdf Download (441kB) |
|
Text
Mabrurah_18381052048_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) |
|
Text
Mabrurah_18381052048_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
Text
Mabrurah_18381052048_BAB IV_PGMI.pdf Download (407kB) |
|
Text
Mabrurah_18381052048_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
|
Text
Mabrurah_18381052048_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (397kB) |
|
Text
Mabrurah_18381052048_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya.pdf Download (245kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Ceramah, SBdP. Metode ceramah merupakan teknik penyajian yang diberikan guru atau pendidik kepada peserta didik secara lisan. Sehingga peserta didik bisa memperhatikan, mendengarkan, dan mencatat suatu materi yang telah di sampaikan guru atau pendidik. Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok sebagai berikut: pertama, Bagaimana penerapan metode ceramah pada mata pelajaran SBdP di kelas VI MI Nurul Jihad desa Sana Laok Waru Pamekasan. Kedua, Bagaimana gambaran efektivitas penerapan metode ceramah pada mata pelajaran SBdP di kelas VI MI Nurul Jihad Desa Sana Laok Waru Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Penerapan metode ceramah yaitu terdapat beberapa langkah yang pertama ada tahap persiapan yaitu dimana mempersiapakan alat tulis, mempersiapkan kehadiran siswa yang kedua tahap pelaksanaan yaitu pembukaan di isi dengan do’a, penyampaian materi dan penutup, dan untuk meminimalisir kejenuhan siswa dalam pembelajaran menggunakan metode ceramah guru memberikan ice breaking diawal dan diselasela proses pembelajran. Kedua, dalam pembelajran seni budaya dan prakarya dengan menggunaan metode ceramah membuat siswa tidak aktif serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi sehingga metode ceramah pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya kurang efektif karena kurangnya fasilitas yang memadai untuk itu diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran yang dapat meminimalisir dalam penggunaan fasilitas untuk proses pembelajaran seni budaya dan prakarya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_014 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 01:38 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 01:38 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3373 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |