Analisis Gaya Belajar dan Pola Bermain Siswa terhadap Hasil Belajar Kelas IV-A di SDN Kolpajung 2

Sintiyawati, Nuri (2022) Analisis Gaya Belajar dan Pola Bermain Siswa terhadap Hasil Belajar Kelas IV-A di SDN Kolpajung 2. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_Cover_PGMI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (675kB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (900kB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_Kata_Pengantar_PGMI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381952065_Abstrak_PGMI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_BAB I_PGMI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_BAB IV_PGMI.pdf

Download (447kB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PGMI.pdf

Download (465kB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_Keterangan_Bebas_Plagiasi_PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_Lampiran_PGMI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Nuri Sintiyawati_18381052065_Riwayat_Hidup_PGMI.pdf

Download (45kB)

Abstract

Kata Kunci: Gaya Belajar, Pola Bermain, Hasil Belajar Gaya belajar dan pola bermain merupakan salah satu faktor belajar yang penting terhadap hasil belajar. Setiap siswa tentu memiliki keunikan yang berbeda gaya belajar dan pola bermainnya. Keunikan tersebut menunjukkan cara terbaik siswa untuk memahami informasi yang diterima. Siswa sebaiknya mampu mengenali gaya belajar dan pola bermainnya, begitu pula guru diharapkan memahami bagaimana gaya belajar dari masing-masing siswa serta mengenali bagaimana bentuk bermain yang dilakukan siswa agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan hal ini sebagai bentuk upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama bagaimana gaya belajar dan pola bermain siswa kelas IV-A di SDN Kolpajung 2. dan Kedua bagaimana hasil analisis gaya belajar dan pola bermain siswa terhadap hasil belajar kelas IV-A di SDN Kolpajung 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Sumber data yang diperoleh melalui observasi non partisipan, wawancara semi struktur, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Adapun informasi diperoleh dari kepala sekolah SDN Kolpajung 2, guru kelas IV-A, dan seluruh siswa kelas IV-A. Peneliti mengecek keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, siswa kelas IV-A memiliki tiga tipe gaya belajar yakni gaya belajar visual yang mengandalkan penglihatan, gaya belajar auditori yang mengandalkan pendengaran, dan gaya belajar kinestetik yang mengandalkan gerakan tubuh. Di kelas IV-A didominasi siswa dengan gaya belajar auditori. Sedangkan mengenai pola bermain siswa kelas IV-A memiliki pola bermain aktif seperti bermain bersama teman, sedangkan bermain pasif hanya menjadi hiburan bagi siswa dengan melihat teman bermain. Dari keseluruhan siswa kelas IV-A didominasi siswa yang memiliki pola bermain aktif. Kedua, gaya belajar dan pola bermain berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan pola bermain aktif mendapatkan hasil belajar sangat baik. Kemudian siswa yang memiliki gaya belajar auditori dengan pola bermain pasif hasil belajaranya sama dengan siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan pola bermain pasif yaitu baik. Sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar auditori dengan pola bermain aktif mendapatkan hasil belajar cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:48
Last Modified: 27 Jan 2023 08:12
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3384

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item