Upaya Guru Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Materi Lari Cepat Mapel Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Kid Atletik Di MI Al Jamiyatul Washliyah Pamekasan

Hasanah, Wardhatul (2022) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Materi Lari Cepat Mapel Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Kid Atletik Di MI Al Jamiyatul Washliyah Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Wardhatul Hasanah_18381052109_Cover_PGMI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Wardhatul Hasanah_18381052109_Lembar_Persetujuan_PGMI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Wardhatul Hasanah_18381052109_Lembar pengesahan_PGMI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Wardhatul Hasanah_18381052109_Abstrak_PGMI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Wardhatul Hasanah_18381052109_Daftar_isi_PGMI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
Wardhatul Hasanah_18381052109_BAB I_PGMI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Wardhatul Hasanah_18381052109_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
Wardhatul Hasanah_18381052109_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
Wardhatul Hasanah_18381052109_BAB IV_PGMI.pdf

Download (535kB)
[img] Text
Wardhatul Hasanah_18381052109_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
Wardhatul Hasanah_18381052109_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Wardhatul Hasanah_18381052109_Surat_Pernyataan_keaslian tulisan-PGMI.pdf

Download (298kB)

Abstract

Kata kunci: Aktivitas Belajar, Metode, Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Penelitian ini di latar belakangi oleh aktivitas pembelajaran penjas rendah saat siswa di dalam kelas, siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan semangat dan aktivitas siswa terlihat masih kurang bahkan terkesan siswa malas- malasan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran lari cepat. Pada saat proses pembelajaran, yang meliputi: gerakan start, saat berlari, dan melewati garis finish, terlihat siswa tidak serius memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru. Fokus penelitian dalam skripsi ini untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V materi lari cepat mapel pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui metode bermain kid atletik dan menggambarkan upaya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V materi lari cepat mapel pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui metode bermain kid atletik. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al Jamiyatul Washliyah Murtajih Pamekasan yang berjumlah 16 orang. Dalam penelitian ini peneliti dan guru penjas melakukan kolaborasi/kerjasama untuk menentukan kriteria keberhasilan yang di gunakan dalam pembelajaran Berdasarkan penelitian yang di laksanakan pada tanggal 19 Januari 2022 terdapat beberapa tahapan di setiap siklusnya. diantaranya : 1) kegiatan perencanaan yaitu menyusun rancangan yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. 2) pelaksanaan,mengembangkan RPP dengan menggunakan metode barmaid kid atletik untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa sesuai dengan perencannaanawalnya. 3) observasi, mengamati pelaksanaan pembelajaran proses pelaksanaan tindakan dalam pembelajaran. 4) refleksi, pengamatan dikumpulkan dan analisis agar bisa mengevaluasi diri tentang proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Dari hasil penelitian yang didapat oleh peserta didik pada siklus I, dan siklus II diketahui bahwa metode bermain kid atletik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V MI Al Jamiyatul Washliyah Murtajih Pamekasan. Hasil observasi guru siklus I skor total 22 dengan presentase 55% dalam kategori ‘kurang’, Siklus II skor total 38 dengan presentase 95% dalam kategori ‘baik’. Sedangkan hasil observasi siswa Siklus I dengan skor total 172 dengan presentase 52% dan Siklus II skor total 324 dengan presentase 96%. Hasil Angket Siklus I dengan skor total 542 dengan presentase 68% sedangkan Siklus II skor total 754 dengan presentase 94%. Pembelajaran lari cepat menggunakan metode bermain kid atletik sudah mampu mendorong aktivitas belajar penjasorkes dan telah memenuhi indikator keberhasilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:29
Last Modified: 27 Jan 2023 08:15
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3390

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item