Manajemen Pemberdayaan Masjid Agung AsySyuhada’ Pamekasan Sebagai Pemanfaatan Sarana Pembelajaran Santri

Anggraini, Vera Yunita (2020) Manajemen Pemberdayaan Masjid Agung AsySyuhada’ Pamekasan Sebagai Pemanfaatan Sarana Pembelajaran Santri. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a) Vera Yunita Anggraini_ 20160701040242_ Cover_MPI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
c) Vera Yunita Anggraini_ 20160701040242_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
d) Vera Yunita Anggraini_ 20160701040242_ Lembar Pengesahan_MPI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
e) Vera Yunita Anggraini_ 20160701040242_ Abstrak_MPI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
f) Vera Yunita Anggraini_ 20160701040242_ Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
g) Vera Yunita Anggraini_ 20160701040242_ BAB I_MPI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
h) Vera Yunita Anggraini_ 20160701040242_ BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
i) Vera Yunita Anggraini_ 20160701040242_ BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
j) Vera Yunita Anggraini_ 20160701040242_ BAB IV_MPI.pdf

Download (555kB)
[img] Text
k) Vera Yunita Anggraini_ 20160701040242_ BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
l) Vera Yunita Anggraini_ 20160701040242_ Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
b) Vera Yunita Anggraini_ 20160701040242_ Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_MPI.pdf

Download (215kB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Pemberdayaan Masjid, Pemanfaatan Sarana Pembelajaran Santri Dalam mengembangkan masjid, dimana sebagian orang beranggapan bahwa masjid hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja itu kurang tepat. Masjid dapat diberdayakan secara luas, banyak kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan di masjid, salah satunya yaitu sebagai Sarana Pembelajaran non formal. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana rencana pemberdayaan masjid Agung Asy-Syuhada’ Pamekasan sebagai pemanfaatan sarana pembelajaran santri, kedua bagaimana pemberdayaan masjid Agung Asy-Syuhada’ Pamekasan sebagai pemanfaatan sarana pembelajaran santri, dan ketiga apa saja faktor pendukung-faktor penghambat pemberdayaan masjid Agung Asy-Syuhada’ Pamekasan sebagai pemanfaatan sarana pembelajaran santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah ketua umum yayasan takmir, ka tu yayasan takmir, ketua remas, ketua III remas, anggota remas, jamaah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan perberdayaan masjid Agung Asy-Syuhada’ Pamekasan sebagai pemanfaatan sarana pembelajaran mengadakan rapat terlebih dahulu sesuai dengan bidangnya atau penanggungjawab. Kedua, Untuk mengembangkan atau mengelola kegiatan masjid, masjid Agung Asy-Syuhada’ Pamekasan menghidupkan dengan kegiatankegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh santri maupun jamaah (masyarakat), beberapa kegiatan seperti halnya halaqah (diskusi) tafsir qur’an, kuliah subuh, madrasah diniyah, pengajian kitab kuning, dan kegiatan lainnya, itu semua sudah terjadwal sesuai dengan ketentuan. Jadi masjid tidak hanya bertumpu pada kegiatan ibadah saja, akan tetapi juga di gunakan untuk pemberdayaan lainnya, salah satunya sebagai pembelajaran. Ketiga, Faktor pendukung, sarana atau fasilitas masjid Agung Asy-Syuhada’ Pamekasan cukup memadai atau terpenuhi, beberapa fasilitas yang di gunakan seperti bahan pembelajaran kitab-kitab (materi yang di bahas), salon, meja, juga dari tenaga pendidik yang kompeten dan koordinasi yang baik sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari segi pendanaan, di mana pihak masjid sendiri hanya memberikan suntikan subsidi tidak sepenuhnya. Sedangkan dalam penambahan kebutuhan tidak bisa langsung diadakan, karena faktor pendanaan yang harus tata tertib administrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 21 Dec 2020 01:44
Last Modified: 20 Jan 2023 08:48
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/340

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item