Ibrahim, Anwar (2022) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Artikulasi Pada Mata Pelajarn IPA Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Kelas V MI Mathaliul Ulum 1 Pademawu Pamekasan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Anwar Ibrahim_18381051012_Cover_PGMI.pdf Download (216kB) |
|
Text
Anwar Ibrahim_18381051012_Lembar Persetujuan_PGMI.pdf Download (126kB) |
|
Text
Anwar Ibrahim_18381051012_Lembar Pengesahann_PGMI.pdf Download (231kB) |
|
Text
Anwar Ibrahim_18381051012_Abstrak_PGMI.pdf Download (185kB) |
|
Text
Anwar Ibrahim_18381051012_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (205kB) |
|
Text
Anwar Ibrahim_18381051012_BAB I_PGMI.pdf Download (322kB) |
|
Text
Anwar Ibrahim_18381051012_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
Text
Anwar Ibrahim_18381051012_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
|
Text
Anwar Ibrahim_18381051012_BAB IV_PGMI.pdf Download (560kB) |
|
Text
Anwar Ibrahim_18381051012_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
Anwar Ibrahim_18381051012_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (399kB) |
|
Text
Anwar Ibrahim_18381051012_Surat Pernyataan KEaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (193kB) |
|
Text
Anwar Ibrahim_18381051012_Riwayat Hidup_PGMI.pdf Download (297kB) |
Abstract
Kata Kunci: Minat belajar, Metode, Pembelajaran IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta terhadap mata pelajaran IPA. Hal itu terjadi karena rasa bosan, kurangnya semangat belajar didalam kelas. Kondisi ini terjadi karena sekolah masih menggunakan metode ceramah dan kelompok pada saat pembelajaran, sehingga perlu adanya metode yang sesuai dengan pelajaran IPA yaitu metode artikulasi. Pada penelitian bertjuan untuk menerapkan metode artikulasi dan hasil penerapan dari metode artikulasi pada pembelajaran IPA pokok bahasan penggolongan hewan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V MI Mathaliul Ulum 1 Pademawu Pamekasan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Mathaliul Ulum 1 Pademawu Pamekasan yang berjumlah 12 orang. Dalam penelitian ini, peneliti dan wali kelas V MI Mathaliul Ulum 1 Pademawu Pamekasan melakukan kolaborasi/kerjasama untuk menentukan kriteria keberhasilan yang digunakan dalam suatu pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 29 November 2021 terdapat beberapa tahapan pada setiap siklusnya, diantaranya : 1) kegiatan perencanaan yaitu menyusun rancangna yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. 2) pelaksanaan, mengembangkan RPP dengan menggunakan metode artikulasi untuk meningkatkan minat belajar sisswa sesuai dengan perencannaan awalnya. 3) observasi, mengamati pelaksanaan pembelajaran proses pelaksanaan tindakan dalam pembelajaran. 4) refleksi, pengamatan dikumpulkan dan analisis agar bisa mnegevaluasi diri tentang proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Dari hasil penelitian yang didapat oleh peserta didik pada siklus I, dan siklus II diketahui bahwa metode artikulasi dapat meningkat minat belajar siswa kelas V MI Mathaliul Ulum 1 Pademawu Pamekasan, pertama, Siklus I nilai minat belajar adalah 155 dengan rata-rata 12,9 dan persentase ketuntasan minat belajar adalah 41,67%. Kedua, Siklus II nilai minat belajar siswa dengan jumlah nilai 192 dengan rata-rata mencapai 16 dan persentase 83,33%. Sehingga disimpulkan bahwa metode artikulasi dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V MI Mathaliul Ulum 1 Pademawu Pamekasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 08:41 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 08:41 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3413 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |