Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Kelas IV SDN Barurambat Timur 1

Jannah, Rosidatul (2022) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Kelas IV SDN Barurambat Timur 1. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Rosidatul Jannah_18381052083_Cover_PGMI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Rosidatul Jannah_18381052083_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Rosidatul Jannah_18381052083_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Rosidatul Jannah_18381052083_Abstrak_PGMI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Rosidatul Jannah_18381052083_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Rosidatul Jannah_18381052083_BAB I_PGMI.pdf

Download (659kB)
[img] Text
Rosidatul Jannah_18381052083_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
Rosidatul Jannah_18381052083_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
Rosidatul Jannah_18381052083_BAB IV_PGMI.pdf

Download (628kB)
[img] Text
Rosidatul Jannah_18381052083_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
Rosidatul Jannah_18381052083_Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Rosidatul Jannah_18381052083_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (154kB)

Abstract

Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Soal Cerita, Pecahan Kesulitan belajar merupakan ketidak mampuan siswa dalam menguasai konsep, pinsip atau algaritma walaupun sudah berusaha mempelajarinya. Kesulitan akan menghambat siswa dalam memahami soal cerita. Akan tetapi, siswa mempunyai cara tersendiri untuk bisa memahaminya dan tingkat pemahaman setiap siswa itu berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal cerita bentuk operasi pecahan pada pelajaran matematika di kelas IV SDN Barurambat Timur I. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam memahami soal cerita materi pecahan. 2) Untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam memahami soal cerita bentuk pecahan. 3) Untuk mengetahui upaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami soal cerita materi pecahan ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianglasi dan diskusi. Adapun teknis analisis data kualitatif dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dari hasil verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap subyek penelitian mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal berbeda-beda dan peneliti mengambil tiga indikator dalam kesulitan mengerjakan soal ini yaitu kesulitan dalam memahami konsep soal matematika, kesulitan dalam pemahaman algoritma dan kesulitan dalam menulis kesimpulan atau tergesa-gesa dalam mengerjakannya. Kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan ini dengan cara memperbanyak latihan mengerjakan soal, membuat soal dengan bahasa yang lebih komunikatif atau mudah dimengerti oleh siswa dan menggunakan metode yang tepat yang sesuai dengan materi dan menggunakan alat peraga sehingga siswa lebih fokus dalam proses belajar dan mudah memahami materi yang disampaikan oleh pendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71G ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:41
Last Modified: 07 Jul 2023 08:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3414

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item