Halimah, Siti Nur (2022) Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III SDN Pademawu Barat I Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Siti Nur Halimah_18381052088_Cover_PGMI.pdf Download (122kB) |
|
Text
Siti Nur Halimah_18381052088_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (307kB) |
|
Text
Siti Nur Halimah_18381052088_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (730kB) |
|
Text
Siti Nur Halimah_18381052088_Abstrak_PGMI.pdf Download (103kB) |
|
Text
Siti Nur Halimah_18381052088_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (90kB) |
|
Text
Siti Nur Halimah_18381052088_BAB I_PGMI.pdf Download (269kB) |
|
Text
Siti Nur Halimah_18381052088_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
Text
Siti Nur Halimah_18381052088_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
Text
Siti Nur Halimah_18381052088_BAB IV_PGMI.pdf Download (372kB) |
|
Text
Siti Nur Halimah_18381052088_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
Siti Nur Halimah_18381052088_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (214kB) |
|
Text
Siti Nur Halimah_18381052088_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf Download (619kB) |
Abstract
Kata kunci: media visual, hasil belajar Bagi seorang guru, perlu adanya variasi dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang monoton membuat siswa merasa bosan. Guru perlu menginovasi metode atau media pembelajaran. Dengan hal ini diharapkan dapat menarik minat siswa untuk lebih giat belajar. Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar memudahkan guru dalam menyampaikan informasi atau materi pelajaran. Media pembelajaran sangatlah beragam, salah satunya yakni media visual. Media visual mampu memberikan gambaran materi secara konkrit bagi siswa. Melalui media visual, siswa lebih mudah menerima konsep materi yang diberikan dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan media visual ini diharapkan mempermudah siswa memahami materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan media visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup serta hasil dari penggunaan media visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kuantitatif. Tahapan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 3 tahap, yaitu: 1). Perencanaan, 2). Tindakan dan pengamatan, dan 3). Refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media visual terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas III SDN Pademawu Barat I Pamekasan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada hasil tes pra siklus, siklus-I, dan siklus-II. Nilai rata-rata pada tes pra siklus yaitu 60 dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 50%. Pada siklus-I, nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 70 dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 71,4%. Pada siklus-II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81 dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 85,7%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71F ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 08:10 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 08:10 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3419 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |