Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Make a Match dengan Media Power Point Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IV SDN Bulay 2 Pamekasan

Takiyah, Sitti Aminatul (2022) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Make a Match dengan Media Power Point Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IV SDN Bulay 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sitti Aminatul Takiyah_18381052092_Cover_PGMI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Sitti Aminatul Takiyah_18381052092_Lembar Persetujuan Pembimbing_PGMI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Sitti Aminatul Takiyah_18381052092_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Sitti Aminatul Takiyah_18381052092_Abstrak_PGMI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Sitti Aminatul Takiyah_18381052092_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Sitti Aminatul Takiyah_18381052092_BAB I_PGMI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Sitti Aminatul Takiyah_18381052092_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
Sitti Aminatul Takiyah_18381052092_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
Sitti Aminatul Takiyah_18381052092_BAB IV_PGMI.pdf

Download (402kB)
[img] Text
Sitti Aminatul Takiyah_18381052092_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
Sitti Aminatul Takiyah_18381052092_Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Sitti Aminatul Takiyah_18381052092_Surat Pernyataan Keaslian_PGMI.pdf

Download (195kB)

Abstract

Kata Kunci: Motivasi belajar, Hasil Belajar, Make a Match, Power Point, Pembelajaran PAI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI. Hal terjadi karena siswa merasa bosan, tidak percaya diri yang dimiliki siswa. Kondisi tersebut disebabkan karena guru kurang melakukan variasi pembelajaran, baik itu variasi pada model ataupun pada media pembelajaran. Sehingga hal itu perlu dilakukan penerapan model dan media pembelajaran yang menarik yaitu model make a match disertai penggunaan media power point. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN Bulay 2 Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Bulay 2 Pamekasan yang berjumlah 23 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas disini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Perencanaan yang dilakukan yaitu menyusun RPP, menyiapkan media pembelajaran dan menyiapkan lembar instrumen berupa soal tes serta angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model make a match disertai penggunaan media power point dapat meningkatkan motivasi sekaligus hasil belajar siswa kelas IV SDN Bulay 2 Pamekasan. Untuk motivasi belajar siswa, skor tertinggi pada siklus 1 yaitu 53 dan naik pada siklus II dengan skor 55. Untuk hasil belajar siswa nilai tertinggi pada siklus I yaitu 100 dan siklus II nilai tertinggi tetap 100. Sedangkan untuk presentase hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 65,2% naik pada siklus II menjadi 86,9%. Untuk presentase motivasi belajar siswa yang tinggi atau lulus pada siklus I yaitu 69,51%, dan pada siklus II naik menjadi 91,3%. Dari hasil yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan di setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:07
Last Modified: 07 Jul 2023 08:07
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3420

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item