Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Metode Drill di MI Lughatul Islamiyah Legung timur Batang-batang Sumenep

Fransiska, Yayuk Putri (2022) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Metode Drill di MI Lughatul Islamiyah Legung timur Batang-batang Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Yayuk Putri Fransiska_ 18381052114_ Cover_ PGMI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Yayuk Putri Fransiska_ 18381052114_ Halaman Persetujuan_ PGMI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Yayuk Putri Fransiska_ 18381052114_ Halaman Pengesahan_ PGMI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Yayuk Putri Fransiska_18381052114_Abstrak_PGMI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Yayuk Putri Fransiska_18381052114_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Yayuk Putri Fransiska_18381052114_Abstrak_PGMI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Yayuk Putri Fransiska_18381052114_BAB I_PGMI.pdf

Download (448kB)
[img] Text
Yayuk Putri Fransiska_18381052114_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
Yayuk Putri Fransiska_18381052114_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
Yayuk Putri Fransiska_18381052114_BAB IV_PGMI.pdf

Download (552kB)
[img] Text
Yayuk Putri Fransiska_18381052114_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
Yayuk Putri Fransiska_18381052114_Daftar Rujukan_PGMI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Yayuk Putri Fransiska_ 18381052114_ Surat Keaslian Tulisan_ PGMI.pdf

Download (190kB)

Abstract

Kata Kunci : Motivasi, Metode Drill, Belajar Metode drill menurut Ramayulis disebut latihan siap dimaksudkan untuk memperoleh ketangkasan atau keterampilan latihan terhadap apa yang dipelajari, arena hanya dengan melakukan secara praktis suatu pengetahuan dapat disempurnakan dan siap siagakan. Pendapat ini menggambarkan bahwa metode drill tersebut menekankan pada pembelajaran yang bersifat latihan siap untuk keterampilan. Pembelajaran yang dilangsungkan untuk metode ini dimana materi yang akan diajarkan menuntut untuk pada sebuah penguasaan keterampilan peserta didik agar mereka memiliki ketangkasan yang langsung dapat siap dalam pengetahuan diri sendiri. Penelitian ini terfokus pada bagaimana peningkatan motivasi belajar melalui metode drill, dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan metode drill ini. Karna dalam setiap metode yang di gunakan oleh guru tidak serta merta bisa di terima oleh siswa nya pasti ada beberapa yang hal menjadi penghambat dan juga pendorongnya. Yang mana nantinya akan bertujuan untuk mengetahui sebagaimana meningkatnya motivasi belajar melalui metode drill ini dengan berbagai faktor penghambat dan juga pendorongnya. Maka dengan demikian data yang di kumpulkan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk wawanacra peneliti menggunakan wawancara tidak terstruktur. Yang mana yang di wawancarai adalah kepala sekolah, guru/wali kelas dan juga siswa. Sumber data dari penelitian ini di peroleh dari manusia dan non manusia yang hal tersebut menunjang terhadap penelitian yang ada. Yang menjadi sumber data manusia adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Sedangkan data non manusia adalah data-data guru, data siswa dan juga dokumen-dokumen lainnya yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode drill yaitu motivasi juga mempengaruhi siswa dalam kegiatan belajar mengajar, baik itu dalam bentuk hadiah atau punishment dan juga mampu dalam meingkatkan keterampilan. Kedua,faktor penghambat untuk peningkatan motivasi belajar melalui metode drill tersebut dapat disimpulkan peserta didik mudah bosan, dan kurangnya fasilitas sarana prasarana. Ketiga, faktor pendukung peningkatan motivasi belajar melalui metode drill yaittu mampu meningkatkan keaktifan peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:56
Last Modified: 07 Jul 2023 07:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3425

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item