Imamah, Faidatul (2022) Penerapan Metode Bermain Peran pada Pembelajaran Fiqih Sholat Wajib Berjema’ah Kelas IV di MI Darul Muta’allimin Sumber Waru Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Faidatul Imamah_18381012053_Cover_PAI.pdf Download (171kB) |
|
Text
Faidatul Imamah_18381012053_Lembar Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf Download (127kB) |
|
Text
Faidatul Imamah_18381012053_Halaman Pengesahan_PAI.pdf Download (168kB) |
|
Text
Faidatul Imamah_18381012053_Abstrak_PAI.pdf Download (202kB) |
|
Text
Faidatul Imamah_18381012053_Daftar_Isi_PAI.pdf Download (159kB) |
|
Text
Faidatul Imamah_18381012053_BAB_I_PAI.pdf Download (256kB) |
|
Text
Faidatul Imamah_18381012053_BAB_II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
Faidatul Imamah_18381012053_BAB_III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
Faidatul Imamah_18381012053_BAB_IV_PAI.pdf Download (501kB) |
|
Text
Faidatul Imamah_18381012053_BAB_V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
Faidatul Imamah_18381012053_Daftar_Rujukan_PAI.pdf Download (210kB) |
|
Text
Faidatul Imamah_18381012053_Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf Download (169kB) |
Abstract
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Bermain Peran, Fiqih. Guna menunjang kesuksesan kegiatan pembelajaran yang dilakukan, pendidik dalam suatu lembaga pendidikan senantiasa mempersiapkan segala hal yang berkenaan dengan kegiatan pembelajaran salah satunya yakni penggunaan model pembelajaran. Melalui penggunaan suatu metode pembelajaran yang inovatif, guru dapat mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa dengan mudah serta lebih menjamin kesuksesan pembelajaran, hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan antusias belajar siswa salah satunya dengan menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran fiqih. Berdasarkan hal tersebut, maka ada 2 permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama, Bagaimana penerapan metode bermain peran pada pembelajaran fiqih sholat wajib berjama’ah kelas IV di MI Darul Muta’allimin Sumber Waru Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan; kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode bermain peran pada pembelajaran fiqih sholat wajib berjama’ah kelas IV di MI Darul Muta’allimin Sumber Waru Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Kepala Sekolah serta Guru fiqih di MI Darul Muta’allimin. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) penerapan metode bermain peran sering digunakan oleh guru pada pembelajaran fiqih materi solat wajib berjemaah kelas IV di MI Darul Muta’allimin Sumber Waru Pamekasan menjadikan siswa semakin aktif mengikuti KBM karena dilakukan secara berkelompok, hal ini memudahkan siswa untuk lebih dalam lagi memahami materi pelajaran berkaitan dengan solat wajib berjemaah dikarenakan siswa secara langsung mendapat peran dan mempratikkan gerakan serta bacaan solat wajib yang dilakukan sesuai dengan perannya masing-masing yang di dapat oleh peserta didik. (2) Faktor pendukung penerapan metode bermain peran diantaranya mudah diterapkan, kemudian antusias belajar siswa kelas IV, metodenya menyenangkan, selain itu penggunaan metode bermain peran yang dilakukan secara berkelompok dapat dirasa meningkatkan solidaritas antar siswa yang ada di kelas IV dapat melati siswa untuk saling melelebur dan bersosialisasi antar sesama temannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 07:55 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 07:55 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3426 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |