Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pembiasaan Praktik Keagamaan dalam Meningkatkan Ibadah Siswa di SDN Sumber Waru III

Sholehah, Aminatus (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pembiasaan Praktik Keagamaan dalam Meningkatkan Ibadah Siswa di SDN Sumber Waru III. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Aminatus Sholehah_18201501050012_Cover_PGMI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Aminatus Sholehah_18201501050012_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Aminatus Sholehah_18201501050012_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Aminatus Sholehah_18201501050012_Abstrak_PGMI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Aminatus Sholehah_18201501050012_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Aminatus Sholehah_18201501050012_BAB I_PGMI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Aminatus Sholehah_18201501050012_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
Aminatus Sholehah_18201501050012_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
Aminatus Sholehah_18201501050012_BAB IV_PGMI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Aminatus Sholehah_18201501050012_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
Aminatus Sholehah_18201501050012_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Aminatus Sholehah_18201501050012_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PGMI.pdf

Download (157kB)

Abstract

Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai Keislaman, Pembiasaan Praktik Keagamaan Seiring dengan perkembangan jaman, tidak sedikit bangsa yang mengalami kesulitan untuk maju dikarenakan moralitas generasi mudanya semakin tergerus akibat kurangnya nilai keimanan dan pengetahuan agama yang sejatinya berfungsi sebagai filter sekaligus benteng agar tidak terjerumus pada hal buruk. Diperlukan adanya internalisasi nilai-nilai agama melalui pembiasaan praktik keagamaan bagi generasi muda agar tertanam keimanan dan ketaqwaan yang hakiki. Pembiasaan tersebut dapat diperoleh dari lembaga pendidikan formal maupun non formal. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama apa saja nilai-nilai keislaman yang diinternalisasikan melalui proses pembiasaan praktik keagamaan di SDN Sumber Waru III, Kedua bagaimana pelaksanaan internalisasi nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktik keagamaan di SDN Sumber Waru III, Ketiga faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung pelaksanaan internalisasi nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktik keagamaan terhadap peningkatan ibadah siswa di SDN Sumber Waru III. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh menggunakan metode wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Nara sumber (informan) diperoleh dari Kepala Sekolah dan Guru (Wali) Kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti menunjukkan : Pertama, nilainilai keislaman yang diinternalisasikan melalui proses pembiasaan praktik keagamaan di SDN Sumber Waru III dilakukan dengan dua cara yaitu praktik keagamaan secara langsung dan tidak langsung. Praktik secara langsung dilakukan dengan cara pembiasaan keteladanan dalam praktik sholat dhuha. Sedangkan, praktik keagamaan secara tidak langsung dilakukan dengan cara pembiasaan keteladanan dan kedisiplinan yang dilakukan setiap hari di sekolah. Kedua, pelaksanaan internalisasi nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktik keagamaan sholat dhuha dan pembiasan keteladanan serta kedisiplinan sudah berjalan dengan cukup baik dalam meningkatkan ibadah siswa. Ketiga, faktor penghambat berupa lemahnya pengawasan dan pembimbingan orang tua di rumah, masih saja ditemukan siswa berbicara dengan teman kelasnya sehingga tidak memperhatikan saat temannya melaksanakan praktik di depan kelas, waktuvi pelaksanaan praktik yang begitu singkat siswa yang salah dalam membaca niat sholat, kesalahan saat melakukan gerakan dalam sholat, dan sikap malu saat maju ke depan kelas. Sedangkan, faktor pendukung berupa adanya dukungan orang tua terhadap pembiasaan praktik keagamaan yang disertai dengan pengawasan dan pembimbingan di rumah, adanya dukungan dari berbagai elemen masyarakat terhadap siswa untuk melakukan kegiatan keteladanan dan kedisiplinan di lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_014 ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:43
Last Modified: 07 Jul 2023 07:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3442

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item