Studi Pesan Dakwah dalam Pembinaan Akhlak Anak (Analisis Isi Naẓam Berbahasa Arab-Madura Kitab Tarbiyatuṣ Ṣibyān Karya KH. Habĭbullāh Ra’ĭs).

Badri, Nurul (2022) Studi Pesan Dakwah dalam Pembinaan Akhlak Anak (Analisis Isi Naẓam Berbahasa Arab-Madura Kitab Tarbiyatuṣ Ṣibyān Karya KH. Habĭbullāh Ra’ĭs). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nurul Badri_20170702061052_Cover_KPI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Nurul Badri_20170702061052_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_KPI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Nurul Badri_20170702061052_Lembar_Pengesahan_KPI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
Nurul Badri_20170702061052_Abstrak_KPI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Nurul Badri_20170702061052_Daftar_Isi_KPI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Nurul Badri_20170702061052_BAB I_KPI.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Nurul Badri_20170702061052_BAB II_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Nurul Badri_20170702061052_BAB III_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
Nurul Badri_20170702061052_BAB IV_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
Nurul Badri_20170702061052_Daftar_Pustaka_KPI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Nurul Badri_20170702061052_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_KPI.pdf

Download (293kB)

Abstract

Kata Kunci: Pesan Dakwah Akhlak; KH. Habĭbullāh Ra’ĭs; Tarbiyatuṣ Ṣibyān KH. Habĭbullāh Ra’ĭs, mampu membuat karya berupa kitab Tarbiyatuṣ Ṣibyān berkat kemampuan menulisnya. Kitab ini merupakan literasi sebagai media dakwah dalam pembinaan akhlak anak yang dikemas dalam bentuk Naẓam berbahasa Arab-Madura. Oleh karena itu, penelitian ini ingin menjawab dua persoalan pokok yang menjadi fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana isi naẓam sebagai pesan dakwah dalam pembinaan akhlak anak pada naẓam berbahasa Arab-Madura kitab Tarbiyatuṣ Ṣibyān karya KH. Habĭbullāh Ra’ĭs? (2) Bagaimana relevansi pesan dakwah pada naẓam berbahasa Arab-Madura kitab Tarbiyatuṣ Ṣibyān karya KH. Habĭbullāh Ra’ĭs dalam pembinaan akhlak anak di era kemajuan teknologi komunikasi dan informasi? Jenis penelitian ini termasuk penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif yang bersifat dekskriptif. Tekhik analisis datanya meggunakan qualitative content analysis dengan metode berfikir deduktif (umum-khusus) melalui tiga alur kegiatan: (1) meringkas dan menginterpretasikan data; (2) Menemukan pola hubungan dalam data; dan (3) menghubungkan data yang diteliti dengan menggunakan analisis konten dengan data yang dianalisis dengan teknik lain. Hasil penelitiannya menunjukkan: Pertama, isi naẓam sebagai pesan dakwah dalam pembinaan akhlak anak pada naẓam berbahasa Arab-Madura kitab Tarbiyatuṣ Ṣibyān karya KH. Habĭbullāh Ra’ĭs terangkum dalam dua bagian penting, yaitu akhlak anak secara vertikal (hablun minallāh) dan horizontal (hablun minannās). Kedua, pesan dakwah pada naẓam berbahasa Arab-Madura kitab Tarbiyatuṣ Ṣibyān karya KH. Habĭbullāh Ra’ĭs memiliki relevansi dalam pembinaan akhlak anak di era kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Relevansi tersebut dapat dilihat dari aspek pentingnya fondasi akhlak dalam diri seorang anak, baik hubungannya secara vertikal maupun horizontal, mengingat dampak negatif dari kemajuan teknologi komunikasi dan informasi begitu besar. Dengan penguatan pembinaan akhlak anak, diharapkan anak memiliki karakter yang kuat dan kualitas akhlak yang baik, sehingga mampu mempengaruhi dirinya saat memilih atau memilah mana yang pantas dan tidak pantas, mana yang baik ataupun yang buruk buat dirinya dan orang lain sesuai dengan tunutunan ajaran agama yang pada gilirannya anak akan berguna bagi agama, bangsa, negara, dan masyarakat di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_005 ??
?? m_183 ??
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:36
Last Modified: 07 Jul 2023 02:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3474

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item