Thoha, A. Syahidi (2022) Upaya Guru IPS dalam Menginternalisasi Nilai-nilai Multikulturalisme Melalui Pembelajaran IPS Terpadu di SMPI Al-Hamidiyah Kombang Talango Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
A. Syahidi Thoha_18381081001_Cover_TIPS.pdf Download (123kB) |
|
Text
A. Syahidi Thoha_18381081001_ Lembar_Persetujuan_Pembingbing_TIPS_.pdf Download (149kB) |
|
Text
A. Syahidi Thoha_18381081001_Lembar Pengesahan_TIPS_.pdf Download (256kB) |
|
Text
A. Syahidi Thoha_18381081001_Abstrak_TIPS.pdf Download (90kB) |
|
Text
A. Syahidi Thoha_18381081001_Daftar Isi_TIPS.pdf Download (89kB) |
|
Text
A. Syahidi Thoha_183810810001_BAB I_TIPS.pdf Download (307kB) |
|
Text
A. Syahidi Thoha_18381081001_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
A. Syahidi Thoha_18381081001_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
A. Syahidi Thoha_18381081001_BAB IV_TIPS.pdf Download (480kB) |
|
Text
A. Syahidi Thoha_18381081001_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
A. Syahidi Thoha_18381081001_Daftar Pustaka_TIPS.pdf Download (268kB) |
|
Text
A. Syahidi Thoha_8381081001_Surat _Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publiksi_TIPS_.pdf Download (190kB) |
Abstract
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai, Multikulturalisme Perilaku primordialisme, intoleransi, etnosentrisme, rasismeme dan deskriminasi, hal itu masih menjadi suatu permasalahan yang sering kita temui oleh karena itu sangatlah penting melakukan pendidikan multikulturalisme untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti yang di lakukan oleh A. Zubaidi Guru IPS SMPI Al-Hamidiyah Kombang Talango Sumenep, beliau mengupayakan internalisasi nilai- nilai multikulturalisme melalui pembelajaran IPS Terpadu di SMPI Al�Hamidiyah. Oleh karena itu ada tiga permasalahan yang akan menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, apa yang melatar belakangi Guru IPS dalam mengupayakan internalisasi nilai-nilai multikulturalisme memelalui pembelajaran IPS terpadu di SMPI Al-Hamidiyah Sumenep; kedua, bagaimana cara Guru IPS menginternalisasi nilai-nilai multikulturalisme melalui pembelajaran IPS terpadu di SMPI Al-Hamidiyah Sumenep; ketiga, bagaimana hasil upaya Guru IPS dalam menginternalisasi nilai-nilai multikulturalisme melalui pembelajaran IPS terpadu di SMPI Al-Hamidiyah Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Analisis datanya peneliti disini menggunakan tiga teknik, yaitu; Checking Data, Organizing Data (pengelompokan), dan Conclusion Drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menujukan bahwa: Pertama yang melatar belakangi Guru IPS SMPI Al-Hamidiyah dalam upaya Menginternalisasi Nilai-nilai Multikulturalisme melalui Pembelajaran IPS di SMPI Al-Hamidiyah yaitu adanya fenomena intoleransi rasisme diskriminasi dan etnosentrisme, adanya keragaman ras suku budaya dan agama, adanya intruksi dari Kepala Sekolah untuk melaksanakan pendidikan multikulturalisme, dan yang terakhir ditetapkannya dalam kurikulum sekolah. Kedua yaitu cara yang digunakan Guru IPS SMPI Al-Hamidiyah cara ataupun tahapan dalam upaya menginternalisasi Nilai-nilai multikulturalisme melalui pembelajaran IPS di SMPI Al-Hamidiyah, tahapan yang pertama adalah transformasi nilai dengan cara memberi informasi, kemudian tahapan yang kedua adalah transaksi nilai dengan cara memberi pemahaman yang kemudian disini terdapat komunikasi dua arah antara Guru dan Siswa-Siswi, tahapan yang ketiga adalah trans internalisasi nilai yaitu dengan cara pengimplementasian, penugasan yang berorientasi pada multikulturalisme. Ketiga hasil dari upaya Guru IPS SMPI Al-Hamidiyah dalam Menginternalisasi Nilai-nilai Multikulturalisme adalah adannya sikap dan sifat yang berorientasi pada Multikulralisme dengan paradigma keberagaman yaitu toleran adil demokrasi dan kesetaraan, kemudian adanya sikap dan sifat yang membangun anti deskriminasi terhadap perbedaan agama ras etnis suku dan budaya, kemudian adanya sikap dan sifat yang bisa hidup damai berdampingan meski berada dalam lingkaran perbedaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m71E ?? |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 02:35 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 02:35 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3475 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |