Implementasi Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Peserta Didik Kelas 7 MTs Sayyid Yusuf Talango

Sakinah, Iradatus (2022) Implementasi Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Peserta Didik Kelas 7 MTs Sayyid Yusuf Talango. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sampul .pdf

Download (204kB)
[img] Text
halaman persetujuan pembimbing.pdf

Download (158kB)
[img] Text
halaman pengesahan Iradatus sakinah.pdf

Download (190kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-SKRIPSI.pdf

Download (408kB)
[img] Text
keaslian tulisan.pdf

Download (254kB)

Abstract

Kata kunci: Manajemen Ekstrakurikuler, Nilai-Nilai Keagamaan. Manajemen ekstrakurikuler dilaksanakan berdasarkan pada prinsip manajemen yang meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diwajibkan untuk kelas 7 MTs Sayyid Yusuf Talango, yaitu ekstrakurikuler keperamukaan. Dalam mengimplementasikannya terdapat nilai-nilai keagamaan pembiasaan yang dapat membentuk menyelaraskan dan menyeimbangkan iman, islam dan ihsan. Berdasarkan dari hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini. Yaitu: pertama, bagaimana implementasi manajemen ekstrakurikuler dalam penanaman nilai-nilai keagamaan pada peserta didik kelas 7. Kedua, bagaimana dampak manajemen ekstrakurikuler dalam penanaman nilai�nilai keagamaan pada peserta didik kelas 7. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk analisis data, menggunakan tiga tahap model air yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) dengan beberapa narasumber, observasi (non partisipan), dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah, pembina pramuka dan siswa. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui Triangulasi sumber, triangulasi sumber Untuk menguji keabsahan data dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa narasumber oleh peneliti/pengamat. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: pertama, implementasi manajemen ekstrakurikuler dalam penanaman nilai-nilai keagamaan pada peserta didik berupa pemberian materi tentang keagamaan dengan metode ceramah, menerapkan shalat jama’ah, Para peserta didik harus menyesuaikan dengan kode kehormatan pramuka. Salah satunya yaitu janji untuk tetap menjaga shalat, saling tolong menolong, bisa menjaga nilai-nilai keagamaan dan tetap menjaga akhlak yang baik di sekolah ataupun di luar sekolah. kedua. dampak dari manajemen ekstrakurikuler dalam penanaman nilai-nilai keagamaan pada peserta didik kelas 7 MTs Sayyid Yusuf Talango. Dampak positifnya yaitu Memiliki kedisiplinan waktu, memberikan wawasan dan pengalaman awal yang baik untuk para peserta didik kelas 7, untuk membentuk kepribadian yang baik, mengajarkan arti kepemimpinan. Dampak negatifnya yaitu pembelajaran yang terlalu keras mengakibatkan peserta didik merasa tertekan, serta kurang memahami makna dari keperamukaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71H ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 19 Jun 2023 05:00
Last Modified: 19 Jun 2023 05:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3504

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item