Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Kecakapan Penerapan Ibadah (KPI) di MTs Yaayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif (YPM) 1 Wonoayu Sidoarjo

Lazuarda, Assa’ah Islakh (2022) Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Kecakapan Penerapan Ibadah (KPI) di MTs Yaayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif (YPM) 1 Wonoayu Sidoarjo. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Assa'ah Islakh Lazuarda_18381012037_Cover_PAI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Assa'ah Islakh Lazuarda_18381012037_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Assa'ah Islakh Lazuarda_18381012037_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Assa'ah Islakh Lazuarda_18381012037_Abstrak_PAI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Assa'ah Islakh Lazuarda_18381012037_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Assa'ah Islakh Lazuarda_18381012037_BAB I_PAI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Assa'ah Islakh Lazuarda_18381012037_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
Assa'ah Islakh Lazuarda_18381012037_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
Assa'ah Islakh Lazuarda_18381012037_BAB IV_PAI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Assa'ah Islakh Lazuarda_18381012037_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
Assa'ah Islakh Lazuarda18381012037_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Assa'ah Islakh Lazuarda_18381012037_Surat_Pernyataan Keaslian_dan_Persetujan Publikasi_PAI.pdf

Download (173kB)

Abstract

Kata kunci : Upaya, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Kecakapan Penerapan Ibadah. Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah pembinaan ajaran Islam pada siswa agar bisa dipahami secara sempurna yang kemudian dijadikan sebagai pedoman dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari nya. Namun didalam pendidikan pastinya ada sebuah problem salah satunya problem peserta didik dalam pembelajaran PAI salah satunya di MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo, bahwa siswa-siswi yang baru masuk di MTs YPM 1 Wonoayu masi minim pengetahuan agamanya salah satunya tentang pengetahuan tata cara ibadah dari syarat sampai rukun. Oleh karena itu lembaga MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo, mengembangkan kurikulum berupa menambah mapel baru yaitu pembelajaran Kecakapn Penerapan Ibadah (KPI). Pembelajarn KPI ini bertujuan agar siswa cakap melakukan ibadah dan KPI ini menggunakan bahan ajar buku panduan KPI dan untuk memonitoring siswanya menggunakan buku monitoring KPI. Namun dalam peningkatan prestasi belajar perlu upaya guru untuk menghasilkan peserta didik yang berprestasi dan bekualitas dalam pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan peneliti mengambil judul ini untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru PAI dalam peningkatan prestasi belajar PAI melalui Kegiatan Kecakapan Penerapan Ibadah (KPI) di MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo. Dilihat dari jenis penelitiannya, penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti mengumpulkan data dan mengkaji setiap permasalahan yang menghasilkan data deskriptif. Peneliti kualitatif ini memiliki ciri khas tersendiri, sebagai ciri penelitian yang berorientasi pada fenomena, gejala dan fakta. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam melalui Kegiatan Penerapan Ketrampilan Ibadah (KPI) di MTs Yayasan Pendidikan dan Sosial (YPM) 1 Wonoayu Sidoarjo dimulai dengan menyusun RPP, dengan menggunakan media buku pedoman KPI, media pembelajaran (LCD, Video dan gambar) dan metode pembelajaran sesuai materi yang dipelajari, seperti metode pembelajaran, praktik, dan hafalan. Faktor-faktor yang mendukung upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar di MTs Yayasan Pendidikan dan Sosial (YPM) 1 Wonoayu Sidoarjovi adalah dukungan dari sekolah (kepala madrasah dan waka kurikulum), Kemampuan guru mata pelajaran PAI dalam mengelola pembelajaran, dan menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: Beragamnya kemampuan siswa, terbatasnya pengawasan dari pihak sekolah dan kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_014 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:44
Last Modified: 19 Jun 2023 04:44
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3509

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item