Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Akhlak Terpuji Melalui Penerapan Model Pembelajaran Reading Guide Pada Siswa Kelas III SDN Polagan 1 Kecamatan Sampang

Firdausi, Ismi (2022) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Akhlak Terpuji Melalui Penerapan Model Pembelajaran Reading Guide Pada Siswa Kelas III SDN Polagan 1 Kecamatan Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
ISMI FIRDAUSI_18381012080_SAMPUL_PAI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
ISMI FIRDAUSI_18381012080_HALAMAN PERSETUJUAN_PAI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
ISMI FIRDAUSI_18381012080_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
ISMI FIRDAUSI_18381012080_ABSTRAK_PAI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
ISMI FIRDAUSI_18381012080_DAFTAR ISI_PAI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
ISMI FIRDAUSI_18381012080_BAB I_PAI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
ISMI FIRDAUSI_18381012080_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
ISMI FIRDAUSI_18381012080_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
ISMI FIRDAUSI_18381012080_BAB IV_PAI.pdf

Download (374kB)
[img] Text
ISMI FIRDAUSI_18381012080_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
ISMI FIRDAUSI_18381012080_DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
ISMI FIRDAUSI_18381012080_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf

Download (112kB)

Abstract

Kata Kunci : Meningkatkan Prestasi Belajar PAI, Metode Reading Guide. Penelitian ini berlokasi di SDN Polagan 1 Sampang, Guru PAI bisa meningkatkan prestasi belajar PAI materi akhlak terpuji melalui penerapan model pembelajaran Reading Guide. Agar terciptanya suasana kelas yang aktif dengan penerapan tersebut. Dalam proses belajar perlu adanya strategi maupun metode pembelajaran yang tepat dan cocok untuk diterapkan kepada siswa. Metode sebagai alat untuk menyampaikan pembelajaran dengan cara yang berfariasi salah satunya model pembelajaran Reading Guide tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka Penelitian ini memiliki tiga Fokus penelitian yang menjadi Pembahasan pokok dalam skripsi 1. Bagaimana penerapan model pembelajaran Reading Guide dalam pembelajaran PAI materi Akhlak Terpuji pada siswa kelas III SDN Polagan 1 Sampang, 2. Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar PAI materi akhlak terpuji melalui model pembelajaran Reading Guide pada siswa kelas III SDN Polagan 1 Sampang, 3. Apa saja Faktor penghambat dan pendukung upaya meningkatkan prestasi belajar PAI Materi Akhlak Terpuji Melalui Penerapan model Pembelajaran Reading Guide Pada Siswa Kelas III SDN Polagan 1 Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi struktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, Guru pengajar PAI, dan sebagian peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui meningkatkan ketekunan, Trigulasi, dan Menggunakanbahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah bisa menerapkan model pembelajaran Reading Guide (Panduan Membaca) dengan baik saat mata pelajaran PAI materi akhlak terpuji tersebut berlangsung yang diawasi oleh guru pengajar mengenai peningkatan prestasi belajar PAI, panduan membaca yang digunakan yaitu buku paket PAI kelas III upaya meningkatkan prestasi belajarnya yaitu 1. Guru mempersiapkan pembelajaran dan metode yang akan diterapkan oleh guru untuk mensukseskan proses pembelajaran berlangsung serta motivasi yang bagus untuk menarik minat belajar siswa. 2. Upaya meningkat prestasi belajar siswa yaitu dapat mencapai prestasi belajar dengan baik seperti sebagai kecakapan nyata yang dapat diukur dengan sikap, interaksi aktif serta keterampilan dalam berlangsunya proses pembelajaran 3. Adapun faktor pendukung dan pemhambat pada metode tersebut, pada proses pemebelajaran sangat dibutuhkan upaya untuk menjalankan roda tujun yang efektif. Faktor pendukung juga bisa dijadikan tolak ukur siswa dan kecerdasan setiap peserta2 didik. Faktor penghambatnya yaitu bisa menyebabkan siswa, sulit konsentrasi, kebiasaan buruk dalam membaca, khawatir tidak memahami isi bacaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_014 ??
?? m_088 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:36
Last Modified: 14 Jun 2023 08:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3514

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item