Jannah, Khofifatul (2022) Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Miftahul Arifin Banmaleng. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
1. KHOFIFATUL JANNAH _ 20160701050044_ HALAMAN SAMPUL.pdf Download (114kB) |
|
Text
2. KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (284kB) |
|
Text
3. KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (207kB) |
|
Text
4. KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_ABSTRAK.rtf Download (59kB) |
|
Text
5. KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_KATA PENGANTAR.pdf Download (189kB) |
|
Text
6. KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) |
|
Text
7. KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_BAB 1.pdf Download (455kB) |
|
Text
8. KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
|
Text
9. KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text
10. KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_BAB 4.pdf Download (932kB) |
|
Text
11. KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
Text
12.KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_ DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (187kB) |
|
Text
13.KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_ PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (319kB) |
|
Text
14.KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_ SURAT BEBAS PLAGIASI.pdf Download (455kB) |
|
Text
15. KHOFIFATUL JANNAH_20160701050044_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar Siswa Lingkungan sekolah adalah tempat belajar bagi siswa dan teman-temannya untuk memperoleh ilmu pengetahuan dari gurunya. Sekolah merupakan pendidikan formal, karena disekolah terdapat kurikulum sebagai rencana pendidikan dan pengajaran, adanya guru yang lebih profesional, sarana prasaranan dan fasilitas pendidikan khusus sebagai pendukung proses pendidikan, serta adanya pengelolaan pendidikan yang khusus. Motivasi belajar adalah dorongan internal atau eksternal pada siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, yang dipengaruhi oleh faktor intrisik dan ekstrinsik. Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik yaitu berupa hasrat atau keinginan, keberhasilan dan dorongan kebutuhan belajar siswa. Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah adanya penghargaan lingkungan yang kondusif kegiatan belajar mengajar yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel pada MI Miftahul Arifin Banmaleng 10 siswa yang diambil dari populasi yang berjumlah 10 siswa kelas V MI Miftahul Arifin Banmaleng dengan menggunkan teknik analisis statistik korelasi Product Moment dan reabilitas menggunakan Alpha Crombach. Teknik pengumpulan data yang diambil yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa karena lingkungan sekolah sangat berperan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kondisi lingkungan yang baik akan mempengaruhi motivasi belajar siswa sehingga prestasi akademiknya akan meningkat berdasarkan hasil penelitian di MI Miftahul Arifin Banmaleng. Ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan pelajaran karena didalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan metode yang menarik untuk siswa sehingga siswa tidak mempedulikan apa yang dijelaskan gurunya tersebut. Dengan keadaan lingkungan sekolah tersebut motivasi belajar siswa akan menurun karena motivasi dalam proses pembelajaran sangat diperlukan dalam menentukan pencapain prestasi yang optimal dengan tidak adanya motivasi belajar tidak akan berjalan maksimal yang mengakibatkan hasil belajar siswa cenderung menurun. Analisis data yang digunakan adalah Product Moment. Hasil penelitian lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa yang diperoleh adalah r_xy sebesar 0,971 lebih besar dari r_tabel pada taraf signifikan 5 % yaitu 0,576. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Miftahul Arifin Banmaleng. Besarnya Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa adalah 94,2 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:22 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:31 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3525 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |