Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Jam Angka Dalam Pengenalan Bilangan Untuk Anak Usia Dini Pada Taman KanakKanak Kartika IV-86 Pamekasan

Noerjannah, Toifah (2022) Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Jam Angka Dalam Pengenalan Bilangan Untuk Anak Usia Dini Pada Taman KanakKanak Kartika IV-86 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Toifah Noerjannah_18381062102_Cover_PIAUD.pdf.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Toifah Noerjannah_18381062102_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Toifah Noerjannah_18381062102_Halaman_Pengesahan_PIAUD.pdf.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Toifah Noerjannah_18381062102_Abstrak_PIAUD.pdf.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Toifah Noerjannah_18381062102_Daftar_Isi_PIAUD.pdf.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Toifah Noerjannah_18381062102_BAB I_PIAUD.pdf.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Toifah Noerjannah_18381062102_BAB II_PIAUD.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
Tojfah Noerjannah_18381062102_BAB III_PIAUD.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
Toifah Noerjannah_18381062102_BAB IV_PIAUD.pdf.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Toifah Noerjannah_18381062102_BAB V_PIAUD.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
Toifah Noerjannah_18381062102_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Toifah Noerjannah_18381062102_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_PIAUD.pdf.pdf

Download (39kB)

Abstract

Kata Kunci: APE Jam Angka, Anak Usia Dini, Bilangan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam mengungkapkan yang dilakukan oleh sekolah TK Kartika IV-86 Pamekasan dalam penggunaan APE jam angka dalam pengenalan bilangan pada anak, dengan demikian penelitian ini akan berusaha untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Jam Angka Dalam Pengenalan Bilangan Untuk Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak Kartika IV-86 Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat tiga fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana penggunaan APE jam angka terhadap pengenalan bilangan pada anak usia dini di TK Kartika IV-86 Pamekasan? Apakah manfaat penggunaan APE jam angka dalam pengenalan bilangan pada anak usia dini di TK Kartika IV-86 Pamekasan? Apa saja faktor pendukung penggunaan APE jam angka dalam pengenalan bilangan pada anak usia dini di TK Kartika IV-86 Pamekasan? Apa saja faktor penghambat penggunaan APE jam angka dalam Pengenalan bilangan pada anak usia dini di TK Kartika IV-86 Pamekasan? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh melalui Guru Kelas B di TK Kartika IV-86 Pamekasan. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya menggunakan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, adanya penggunaan APE jam angka dalam pengenalan bilangan pada anak usia dini di TK Kartika IV-86 Pamekasan dikarenakan dengan menggunakan APE jam angka ini dapat mengenalkan bilngan pada anak secara langsung, dan dapat memberikan stimulus pada anak dalam aspek kognitifnya mengenai tentang mengenal bilangan dengan lebih mudah. Kedua, mafaat penggunaan APE jam angka dalam pengenalan bilangan pada anak yaitu anak dapat mengenal bilangan yang ada di APE jam angka dari angka 1 sampai dengan angka 12 dan anak dapat mengetahui adanya konsep waktu siang dan malam. Serta APE jam angka merupakan media yang menarik dan tidak mudah bosan bagi anak, dan dapat memberikan latihan atau stimulus pada anak. Ketiga, terdapat faktor pendukung penggunaan APE jam angka dalam pengenalan bilangan pada anak yaitu media APE jam angka mudah di jangkau dan media tersebut sudah tersedia di sekolah. Guru sudah terbiasa menggunakan APE jam angka dalam pengenalan bilangan serta wali murid jugak dapat mempraktekkan dengan cara menggunakan jam dingding. Keempat, adanya faktor penghambat dalam penggunaan APE jam angka dalam pengenalan bilangan pada anak yaitu angka yang ada di APE jam angka hanya sampai dengan angka 12 dan semua anak tidak bisa di katakan mampu dalam mengenal bilangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:03
Last Modified: 27 Jan 2023 08:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3532

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item