Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Sabilillah Sampang

Aini, Nur (2022) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Sabilillah Sampang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Nur Aini_18381072109_Cover_TBIN.pdf.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Nur Aini_18381072109_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf.pdf

Download (53kB)
[img] Text
Nur Aini_18381072109_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Nur Aini_18381072109_Abstrak_TBIN.pdf.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Nur Aini_18381072109_Daftar_Isi_TBIN.pdf.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Nur Aini_18381072109_BAB I_TBIN.pdf.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Nur Aini_18381072109_BAB II_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
Nur Aini_18381072109_BAB III_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
Nur Aini_18381072109_BAB IV_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
Nur Aini_18381072109_BAB V_TBIN.pdf.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Nur Aini_18381072109_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Nur Aini_18381072109_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_TBIN.pdf

Download (72kB)

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran CIRC, Kemampuan Membaca Pemahaman, Cerpen. Belajar dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu cara efektif yang dilakukan oleh guru untuk mengasah kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Membaca merupakan salah satu aspek dari empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Pada kegiatan membaca, kemampuan membaca pemahaman adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Setiap hari siswa dihadapkan dengan kegiatan membaca dan melakukan kegiatan membaca pemahaman. Akan tetapi, fakta di lapangan menyatakan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas XI SMA Sabilillah Sampang masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman teks cerpen siswa Kelas XI SMA Sabilillah Sampang; kedua seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman teks cerpen siswa Kelas XI SMA Sabilillah Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan jenis penelitian Quasy experimental design. Instrumen data diperoleh melalui instrumen tes dan dokumentsi. Instrumen tes diperoleh dari hasil pre-test dan hasil post-test kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Instrumen dokumentasi diperoleh dari foto-foto kegiatan saat penelitian berlangsung sebagai bukti penelitian. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji-t menggunakan independen samples test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test lebih tinggi di kelas kontrol dari pada kelas eksperimen yatu dengan nilai rata-rata kelas kontrol 52, 08 dan kelas eksperimen 51,88. Sedangkan untuk nilai rata-rata post-test lebih tinggi di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol yatu nilai rata-rata kelas eksperimen 79,38 dan rata-rata kelas kontrol 74,17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama melihat hasil analisis data dengan uji-t bahwa hasil uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed) < 0,05 yaitu nilai Sig (2-tailed) 0,026 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan hasil Thitung > Ttabel yaitu pada taraf Signifikansi 0,05 diperoleh Thitung sebesar 2,293 dan Ttabel sebesar 2,013 pada taraf signifikansi 0,05 dengan df. 46. Dengan demikian terlihat jelas bahwa Thitung > Ttabel yaitu 2,293 > 2,013 maka H0 ditolak dan H1 diterima, Kedua besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas XI SMA Sabilillah Sampang adalah sedang. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan besar pengaruh (effect size)yang dikonsultasi dengan kriteria interpretasi Cohen’d yang menyatakan bahwa d= 0,66 termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:23
Last Modified: 30 Jan 2023 01:48
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3541

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item