Implementasi Restrukturisasi Sebagai Upaya Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Terdampak Covid-19 di BPRS SPM Pusat Pamekasan

Susiyanti, Silvia Alviani (2021) Implementasi Restrukturisasi Sebagai Upaya Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Terdampak Covid-19 di BPRS SPM Pusat Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Silvia Alviani Susiyanti_20170703022195_Cover_PBS.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Silvia Alviani Susiyanti_ 20170703022195_Lembar_ Persetujuan_Pembimbing_PBS (1).pdf

Download (49kB)
[img] Text
Silvia Alviani Susiyanti_ 20170703022195_Lembar_ Pengesahan_PBS.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Silvia Alviani Susiyanti_20170703022195_ABSTRAK_PBS.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Silvia Alviani Susiyanti_20170703022195_DAFTAR ISI_PBS.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Silvia Alviani Susiyanti_20170703022195_BAB I_PBS.pdf

Download (578kB)
[img] Text
Silvia Alviani Susiyanti_20170703022195_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
Silvia Alviani Susiyanti_20170703022195_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
Silvia Alviani Susiyanti_20170703022195_BAB IV_PBS.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Silvia Alviani Susiyanti_20170703022195_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
Silvia Alviani Susiyanti_20170703022195_DAFTAR RUJUKAN_PBS.pdf

Download (404kB)
[img] Text
Silvia Alviani Susiyanti_ 20170703022195_Surat_Keaslian Tulisan_PBS.pdf

Download (79kB)

Abstract

Kata Kunci: Restrukturisasi Pembiayaan, Pembiayaan Bermasalah , Covid-19 BPRS Sarana Prima Mandiri ( SPM), merupakan salah satu Lembaga Keuangan Syariah yang terdampak Covid-19, hal ini menyebabkan timbulnya peningkatan pembiayaan bermasalah sehingga berakibat terganggunya operasional bank akibat dari terjadinya penunggakan angsuran secara simultan dari nasabah. Dalam hal ini diperlukan langkah panyelesaian pembiayaan bermasalah terdampak Covid-19 dengan cara restrukturisasi pembiayaan yaitu dengan Rescheduling (Penjadwalan Kembali), Reconditioning (persyaratan kembali), Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, peneliti menggunakan tiga tehnik pengumpulan data yakni; wawancara, observasi dan dokumentasi informannya adalah karyawan BPRS SPM Pusat Pamekasan, untuk menganalisis data, peneliti menggunakan beberapa langkah; reduksi data yang meliputi pengecekan data dan pengelompokan data, kemudian pengambilan kesimpulan atau verifikasi data. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, perpanjangan kehadiran dan ketekunan pengamatan atau kecukupan referensial. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, peningkatan pembiayaan bermasalah terdampak Covid-19 lebih dari 60%, Kedua, semua pembiayaan- pembiayaan yang ada di BPRS SPM Pusat Pamekasan terdampak Covid-19 bermasalah, Ketiga, dampak yang ditimbulkan akibat pembiayaan bermasalah terdampak Covid-19 antara lain; terganggunya operasional bank, likuiditas menurun, margin dan bagi hasil berkurang, terjadi pemangkasan bonus terhadap karyawan, Keempat, langkah-langkah penyelesaian pembiayaan bermasalah terdampak Covid-19 di BPRS SPM Pusat Pamekasan antara lain: restrukturisasi pembiayaan dengan cara Rescheduling ( Penjadwalan kembali), Reconditioning ( Persyaratan kembali), eksekusi jaminan, dan pengalihan utang berdasarkan kesepakatan, Kelima, restrukturisasi pembiayaan yang diterapkan di BPRS SPM Pusat Pamekasan antara lain Rescheduling (Penjadwalan kembali), Reconditioning ( Persyaratan kembali), Keenam, prosedur restrukturisasi pembiayaan bermasalah terdampak Covid-19 antara lain pengajuan dari nasabah, analisis nasabah, analisis usaha, pengajuan pada komite pembiayaan, persetujuan semua pihak, keputusan direksi, Ketujuh, kendala yang dihadapi BPRS SPM Pusat Pamekasan dalam merestrukturisasi pembiayaan antara lain kurangnya pemahaman terkait restrukturisasi pembiayaan, nasabah sulit ditemui, pandemi Covid-19, tidak adanya komunikasi yang baik dari nasabah terhadap bank, Kedelapan, Dampak yang diterima BPRS SPM Pusat Pamekasan setelah restrukturisasi pembiayaan antara lain nasabah dapat mengangsur kembali, memperbaiki lkuiditas, terjadi peningkatan performa ( kinerja).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_067 ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:59
Last Modified: 14 Jun 2023 07:59
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3559

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item