Hasanah, Ilyatul (2022) Tradisi Pembacaan Āyāt al-Ḥirz wa al-Ḥirs Setiap Sore di Pondok Pesantren Annuqayah Latee II Putri Guluk-Guluk Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ilyatul Hasanah_20170702052023_Cover_IQT.pdf Download (158kB) |
|
Text
Ilyatul Hasanah_20170702052023_Halaman Persetujuan_IQT.pdf Download (120kB) |
|
Text
Ilyatul Hasanah_20170702052023_Halaman Pengesahan_IQT.pdf Download (170kB) |
|
Text
Ilyatul Hasanah_20170702052023_Abstrak_IQT.pdf Download (151kB) |
|
Text
Ilyatul Hasanah_20170702052023_Daftar Isi_IQT.pdf Download (38kB) |
|
Text
Ilyatul Hasanah_20170702052023_BAB I_IQT.pdf Download (216kB) |
|
Text
Ilyatul Hasanah_20170702052023_BAB II_IQT.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
Ilyatul Hasanah_20170702052023_BAB III_IQT.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
Ilyatul Hasanah_20170702052023_BAB IV_IQT.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ilyatul Hasanah_20170702052023_BAB V_IQT.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
Text
Ilyatul Hasanah_20170702052023_Daftar Pustaka_IQT.pdf Download (158kB) |
|
Text
Ilyatul Hasanah_20170702052023_Pernyataan Keaslian Tulisan_IQT.pdf Download (159kB) |
Abstract
Kata Kunci: Tradisi, Āyāt al-Ḥirz wa al-Ḥirs, Annuqayah Tradisi merupakan salah satu jenis kegiatan yang dilakukan oleh nenek moyang terdahulu hingga saat ini. Āyāt al-Ḥirz wa al-Ḥirs merupakan ayat penjagaan. Adapun yang merupakan bagian dari Āyāt al-Ḥirz wa al-Ḥirs terdiri dari beberapa surah yang ada di dalam Al-Qur’an. Pondok Pesantren Annuqayah Latee II Guluk-Guluk Sumenep merupakan salah satu lembaga Pendidikan Islam yang didirikan oleh K. Moh. Syarqawi al-Quddusi pada tahun 1923. Pembacaan tradisi tersebut memiliki asal-usul yang menarik untuk diteliti, seperti dapat menjaga diri dari kejahatan. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana sejarah Pembacaan Āyāt al-Ḥirz wa al-Ḥirs Setiap Sore di Pondok Pesantren Annuqayah Latee II Putri Guluk-Guluk Sumenep?; (2) Bagaimana prosesi terjadinya Pembacaan Āyāt al-Ḥirz wa al-Ḥirs Setiap Sore di Pondok Pesantren Annuqayah Latee II Putri Guluk-Guluk Sumenep?; (3) Apa makna Pembacaan Āyāt al-Ḥirz wa al-Ḥirs Setiap Sore di Pondok Pesantren Annuqayah Latee II Putri Guluk-Guluk Sumenep?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus adalah satudi penelitian tentang kasus. Teori yang diguanakan adalah teori resepsi fungsional. Ketika teori resepsi fungsional digunakan dalam penelitian ini berarti pemaknaan dan pemahaman santri putri di PP Annuqayah Latee II Guluk-Guluk Sumenep dengan pembacaan Āyāt al-Ḥirz wa al-Ḥirs setiap sore dengan tujuan untuk menjaganya dari berbagai macam bahaya yang menimpanya. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Sejarah terjadinya tradisi Pembacaan Āyāt al-Ḥirz wa al-Ḥirs Setiap Sore di Pondok Pesantren Annuqayah Latee II Putri Guluk�Guluk Sumenep karena diawali oleh kejadian kesurupan yang dialami oleh sebagian santri; (2) Prosesesi Pembacaan Āyāt al-Ḥirz wa al-Ḥirs Setiap Sore di Pondok Pesantren Annuqayah Latee II Putri Guluk-Guluk Sumenep dilakukan di sore hari menjelang petang dengan terlebih dahulu membaca surah al-Fātiḥah yang dibaca dengan seksama serta dipimpin langsung oleh pengurus; (3) Makna Pembacaan Āyāt al�Ḥirz wa al-Ḥirs Setiap Sore di Pondok Pesantren Annuqayah Latee II Putri Guluk�Guluk Sumenep adalah sebagai ayat penjagaan agar terhindar dari kejahatan yang tidak diinginkannya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 07:50 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 07:50 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3590 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |