Ratnasari, Fita (2022) peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Menggunakan Media Video Pembelajaran Di Kelas 3 SDN Pasanggar II Kecamatan pagantenan Kabupaten Pamekasan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Fita Ratnasari_18381052028_Cover_PGMI.pdf Download (185kB) |
|
Text
Fita Ratnasari_18381052028_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (287kB) |
|
Text
Fita Ratnasari_18381052028_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (269kB) |
|
Text
Fita Ratnasari_18381052028_Abstrak_PGMI.pdf Download (147kB) |
|
Text
Fita Ratnasari_18381052028_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (175kB) |
|
Text
Fita Ratnasari_18381052028_BAB I_PGMI.pdf Download (533kB) |
|
Text
Fita Ratnasari_18381052028_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
|
Text
Fita Ratnasari_18381052028_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
|
Text
Fita Ratnasari_18381052028_BAB IV_PGMI.pdf Download (915kB) |
|
Text
Fita Ratnasari18381052028_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
Fita Ratnasari_18381052028_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (268kB) |
|
Text
Fita Rtnasari_18381052028_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_Dan_Persetujuan Publikasi tulisan_PGMI.pdf Download (275kB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Video, Peningkatan, Hasil Belajar IPA Peningkatan hasil belajar IPA di SDN Pasanggar II menjadi prioritas utama. Hal ini dikarenakan pola pembelajaran di SDN Pasanggar II, guru mendominasi dengan metode ceramah. Pada media pembelajaran yang digunakan masih minim karena keterbatasan dari kreatifitas guru. Hasil refleksi tersebut dapat dijadikan sebagai acuan guru kelas 3 bersama guru wali kelas 3 memutuskan untuk menggunakan media pembelajaran yang sesuai yaitu dengan menggunakan media video pemebelajaran. Peneliti ini difokuskan pada penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber energi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research), dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana hasil yang diinginkan dapat tercapai pada SDN Pasanggar II Kecamatan Pagantenan Kabupaten Pamekasan. Hasil penelitian pada siklus 1 didapatkan rata-rata nilai siswa 66,75 dan jumlah siswa yang tuntas adalah 15 siswa dengan persentase 75%. Sementara itu siklus II didaptkan nilai rata-rata siswa 77 dan jumlah siswa yang tuntas adalah 18 siswa dengan persentase 90%. Dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar sebanyak 15% dari yang awalnyan 75% menjadi 90% tuntas belajar setelah menggunakan media video pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar telah tercapai, karena dikatakan tuntas belajar jika kelas tersebut telah terdapat lebih dari 85% siswa tuntas belajar. Dengan demikian, penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi sumber energi di kelas 3 SDN Pasanggar II Kecamatan Pagantenan Kabupaten Pamekasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 01:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 03:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3592 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |