Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Dan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Dempo Barat 1 Pasean Pamekasan

Ramadhani, Millynia Suci (2022) Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Dan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Dempo Barat 1 Pasean Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Cover_PGMI.pdf

Download (250kB)
[img] Image
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Lembar_Pengesahan_PGMI.PDF

Download (441kB)
[img] Image
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.PDF

Download (290kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Abstrak_PGMI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_BAB I_PGMI.pdf

Download (454kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_BAB IV_PGMI.pdf

Download (799kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (396kB)
[img] Image
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.PDF

Download (370kB)

Abstract

Kata kunci: Strategi, kesulitan belajar membaca dan menulis Berbagai kesulitan belajar dalam proses pembelajaran tentunya menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran. Kesulitan belajar adalah beragam bentuk masalah yang dihadapi siswa dalam menyimak atau menyerap materi belajar yang disampaikan. Bentuk-bentuk kesulitan belajar seperti kesulitan belajar membaca dan menulis. Di SDN Dempo Barat I Pasean terdapat siswa kelas III mengalami bentuk kesulitan belajar membaca dan menulis. Dengan adanya kesulitan yang dialami siswa, dibutuhkan strategi guru kelas untuk mengatasi kesulitan tersebut seperti mengidentifikasi faktor penyebab kesulitan belajar kemudian strategi yang digunakan oleh guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis siswa. Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana gambaran dan penyebab kesulitan belajar menulis dan membaca siswa kelas III di SDN Dempo Barat I Pasean. Kedua, bagaimana strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis siswa kelas III di SDN Dempo Barat I Pasean. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas kepala sekolah dan siswa. Sedangkan, pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan siswa mengalami kesulitan membaca dan menulis dengan siswa sulit dalam mengenali, mengingat, dan melafalkan bunyi huruf, sulit dalam mengeja kata atau suku kata, dan biasanya siswa sulit membedakan bentuk dan bunyi huruf sedangkan dalam menulis siswa mengalami kesulitan menulis dengan menyalin tulisan dibuku, menjawab soal, dan mendikte. Siswa merasa bingung dalam penulisan ejaanya lumayan buruk terdapat kata yang salah saat menulis dan sulit dalam menulis saat di diktedan kesulitan ketika diminta menyalin tulisan yang sudah ada seperti huruf dalam satu kata menumpuk dan dalam penggunaan tulisan kapital dan huruf kecil masih tercampur. Siswa juga merasa malas ketika menulis sehingga menjadi bingung. Penyebab kesulitan belajar membaca dan menulis siswa yaitu faktor intern dari dalam siswa itu sendiri dan faktor ekstern dari orang tua siswa sibuk bekerja sehingga tidak sempat mengajari anaknya dirumah dan orang tua siswa pasrah kepada guru di sekolah untuk mengajari anaknya padahal dalam hal ini peran orang tua juga sangan berpengaruh dalam keberhasilan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:37
Last Modified: 30 Aug 2022 06:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3593

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item