Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Media Pembelajaran Domino pada Siswa Kelas III SDN Panaguan I Desa Panaguan Kec. Proppo Kab. Pamekasan

Ningsih, Sofie Yana (2022) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Media Pembelajaran Domino pada Siswa Kelas III SDN Panaguan I Desa Panaguan Kec. Proppo Kab. Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Cover_PGMI.pdf

Download (250kB)
[img] Image
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Lembar_Pengesahan_PGMI.PDF

Download (441kB)
[img] Image
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.PDF

Download (290kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Abstrak_PGMI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_BAB I_PGMI.pdf

Download (454kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_BAB IV_PGMI.pdf

Download (799kB)
[img] Image
Sofie Yana Ningsih_18381052094_BAB V_PGMI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (396kB)
[img] Image
Sofie Yana Ningsih_18381052094_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.PDF

Download (370kB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan berhitung, Pelajaran Matematika, Media Pembelajaran Domino. Matematika merupakan ilmu dasar penting bagi kehidupan manusia. Maka dari itu kemampuan berhitung perlu dikuasi sejak dini. Pada masa sekarang banyak siswa yang menganggap matematika itu sulit sehingga kemampuan berhitung siswa rendah. Umumya siswa menyukai pelaksanaan pembelajaran yang menarik. Media yang cocok digunakan pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan adalah domino. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang meningkatkan kemampuan berhitung matematika materi penjumlahan dan pengurangan melalui media pembelajaran domino pada siswa kelas III SDN Panaguan 1 Desa Panaguan Kec. Proppo Kab. Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung matematika siswa kelas III SDN Panaguan 1. Peneliti menggunakan PTK model Kurt Lewin yang terdiri dari tahap Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi pada setiap siklusnya. Instrumen pengumpulan data dari penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Dengan indikator keberhasilan ketuntasan belajar siswa harus mencapai 100% artinya semua siswa memperoleh nilai hasil belajar ≥ 65 setelah melakukan KBM. Hasil dari penelitian ini yaitu nilai hasil tes siswa yang tuntas pada siklus 1 yaitu 19 orang siswa dengan nilai rata-rata 60,94 dan presentase ketuntasan belajar 59,37%. Mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 orang orang dengan nilai rata-rata 74,37 dan presentase ketuntasan belajar 78,12%. Karena pada siklus 2 belum mencapai ketuntasan belajar maka penelitian dilanjutkan pada siklus 3. Pada siklus 3 mengalami peningkatan dari siklus 2 yaitu jumlah siswa yang tuntas sebanyak 32 orang siswa dengan nilai ratarata 88,75 dan presentase ketuntasan belajar adalah 100%. Siklus 3 ini ketuntasan belajar telah mencapai target keberhasilan dari penelitian ini yaitu 100% sehingga penelitian dilakukan dengan 3 siklus. Dari peningkatan hasil nilai tes siswa dari siklus 1 sampai siklus 3 dapat dinyatakan bahwa pelaksaan pembelajaran dengan menggunakan media domino dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Dalam penerapannya media pembelajaran domino memiliki kelebihan dan kekurangan salah satu kelebihannya adalah meningkatkan kemampuan berhitung, dapat berinteraksi sosial serta cocok untuk mata pelajaran lain. Dan kekurangannya adalah tidak cocok pada perhitungan yang perlu pemikiran keras, siswa kurang fokus, perlu pengawasan dan perlu waktu lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:42
Last Modified: 30 Aug 2022 06:42
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3594

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item