Implementasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw 2 Pada Pembelajaran IPA Materi Metamorfosis Pada Hewan Kelas 4 di SDN Teja Timur 4

Yuliyanti, Yuliyanti (2021) Implementasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw 2 Pada Pembelajaran IPA Materi Metamorfosis Pada Hewan Kelas 4 di SDN Teja Timur 4. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Yuliyanti_ 20170701052077_Cover_PGMI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Yuliyanti_ 20170701052077_ Lembar Pengesahan_ Pgmi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Yuliyanti_ 20170701052077_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Yuliyanti_ 20170701052077_ Abstrak_PGMI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Yuliyanti_ 20170701052077_ Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Yuliyanti_ 20170701052077_BAB I_PGMI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Yuliyanti_ 20170701052077_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
Yuliyanti_ 20170701052077_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
Yuliyanti_ 20170701052077_BAB IV_PGMI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Yuliyanti_ 20170701052077_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Yuliyanti_ 20170701052077_Daftar_ Pustaka_PGMI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Yuliyanti_ 20170701052077_ Surat_ Pernyataan keaslian_ Karya_ PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode jigsaw, pembelajaran IPA, Metamorfosis pada Hewan Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan Pendidikan dan sumber belajar. Salah satu komponen pembelajaran yang penting adalah penggunaan metode yang tepat. Karena metode yang tepat akan memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada siswa terutama metode berbasis kooperatif. Dan pembelajaran yang baik digunakan yaitu pembelajaran IPA dengan materi mertamorfosis pada hewan. Ada dua fokus yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw 2 pada pembelajaran IPA materi metamorfosis pada hewan kelas 4 di SDN Teja timur 4. Kedua, Bagaimana hasil model pembelajran kooperatif tipe Jigsaw 2 pada pembelajaran IPA materi metamorfosis pada hewan kelas 4 di SDN Teja timur 4. Ketiga, Apa saja faktor penghambat dan pengdukung implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran IPA materi Metamorfosis pada hewan kelas 4 di SDN Teja timur 4. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk mendapatkan informasi yang menggambarkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 2. Informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas 4 dan siswa-siswi kelas 4. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta cara yang digunakan dengan menggunakan trianggulasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Implementasi model kooperatif Tipe Jigsaw 2 pada pembelajaran IPA materi metamorfosis pada hewan kelas 4 Di SDN Teja timur 4. Pertama, implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 2 disini sangat bagus diterapkan, sebelum saya menerapkan model pembalajaran kooperatif tipe jigsaw 2 ini anakanak banyak sekali tidak memperhatikan gurunya. Karena gurunya sering melakukan model pembelajaran yang kurang menarik jadi anak-anak sangat bosan sekali, siswa kadang tidak memperhatikan gurunya. Kedua, Bagaimana hasil model pembelajran kooperatif tipe Jigsaw 2 pada pembelajaran IPA materi metamorfosis pada hewan kelas 4 di SDN Teja timur 4 dapat diberitahukan bahwa pada nilai pembelajaran siswa di sekolah yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 2 sangat bagus sekali. Ketiga, faktor penghambat dari model pembalajaran kooperatif tipe jigsaw ini suasananya tidak kondusif dan faktor pendukungnya bagus sekali disaat diterapkan karena semua siswa memberi kesempatan kepada teman lainnya. Maka disini peneliti menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw 2 dikarenakan dalam pembelajaran sangat baik digunakan untuk siswa-siswi. Dibandingkan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 1 60% dan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw 2 yaitu 90%, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 2 ini sangat meningkat di SDN Teja Timur 4.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:46
Last Modified: 30 Aug 2022 06:46
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3595

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item