Penggunaan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas V di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan Tahun Ajaran 2021-2022

Fitriani, Nuri (2022) Penggunaan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas V di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Nuri Fitriani_18381052064_Cover_PGMI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
Nuri Fitriani_18381052064_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Nuri Fitriani_18381052064_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Nuri Fitriani_18381052064_Abstrak_PGMI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Nuri Fitriani_18381052064_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Nuri Fitriani_18381052064_BAB l_PGMI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Nuri Fitriani_18381052064_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
Nuri Fitriani_18381052064_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
Nuri Fitriani_18381052064_BAB IV_PGMI.pdf

Download (604kB)
[img] Text
Nuri Fitriani_18381052064_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
Nuri Fitriani_18381052064_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Nuri Fitriani_18381052064_Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (244kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Tahsin,Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya kemampuan membaca peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadit di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan, peserta didik terbiasa hanya duduk diam mendengarkan pendidik menjelaskan tentang materi pelajaran tanpa ingin bertanya mengenai hal yang masih belum dimengerti. Hal ini terjadi karena metode yang diberikan pada saat pemberian materi kurang menekankan pada makhroj dan tajwid pada bacaan, sehingga banyak dari peserta didik yang kurang lancar dalam melafalkannya. Oleh karena itu peneliti akan mencoba menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode tahsin guna untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap pelaksanaannya menggunakan metode tahsin yaitu adalah salah satu cara seorang pendidik dalam tilawah Al-Qur’an yang menitik beratkan pada makhroj (tempat keluar masuknya huruf) dan ilmu tajwid, yang artinya memperbaiki,menghiasi,membaguskan dan memperindah bacaan Al-Qur’an . Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDI Matsaratul Huda yang berjumlah 22 peserta didik. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dengan empat tahapan dalam satu siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan teknik klassikal baca simak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca AlQur’an siswa melalui metode tahsin. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai kemampuan membaca yang menunjukkan dari total 22 siswa yang mengikuti tes siklus I dengan nilai rata-rata 73,86 dengan 10 orang siswa yang belum lulus KKM. Sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya mencapai nilai 81,36 yang berarti adanya peninkatan keamampuan membaca sebesar 7,5 dengan 19 orang siswa yang lulus dan 3 orang siswa yang belum lulus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:52
Last Modified: 30 Jan 2023 03:30
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3596

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item